by

KAHMI Sampaikan Poin-Poin Deklarasi Jambi

Print Friendly, PDF & Email

TILIK.IDJambi— Majelis Nasional Korps Alumni HMI (KAHMI) baru saja mengakhiri Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) di Jambi.  Ada beberapa poin hasil Rakornas yang diumumkan sore tadi delam sebuah deklarasi, Sabtu (24/11) di Hotel Abadi Jambi.

KAHMI menegaskan posisinya sebagai organisasi yang berkomitmen untuk membagun demokrasi yang sehat dan bermartabat. Untuk itu kontestasi politik Pileg  dan Pilpres  2019 diharapkan lebih mengedepankan semangat kompetisi program yang dilakukan untuk mencerahkan dan mengedukasi masyarakat.

Poin kedua, di itengah kontestasi dan dinamika politik menyongsong Pemilu 2019, Majelis Nasional KAHMI mengingatkan pemerintah agar tetap melaksanakan kewajiban pelayanan publik secara prima. Juga bisa memberikan prioritas terhadap hak-hak dasar warga negara/penduduk secara adil, memadai dan tidak diskriminatif.

BACA JUGA:   KKB Papua sebagai Teroris, Hamdan Zoelva: Sudah Tepat

KAHMI sebagai organisasi cendikiawan mendorong aparatnya di seluruh wilayah (Majelis Wilayah dan Majelis Daerah) untuk meningkatkan peran2 kontributif dalam pembagunan daerah, menghadirkan pikiran-pikiran cerdas,, kritis dan solutif terhadap masalah-masalah yang dihadapi.

“Untuk itu kemitraan strategis harus tetap terbangun dan terjaga secara harmonis dengan semua komponen penyelenggaraan pemerintahan serta civil society,” kata Emma Yohana, pimpinan Majelis Wilayah KAHMI Sumatera Barat membacakan deklarasi Jambi tersebut.

Saat membacakan deklarasi, Emma didampingi Kordinator Presidium MN KAHMI Hamdan Zoelva, Sekjen Manimbang Kahariady dan lainnya.

BACA JUGA:   Reshuffle Kabinet, Sejumlah Alumni HMI di Minta Mengisi

Keempat, sambung Emma, untuk mengawal pelaksanaan demokrasi yang substantif, KAHMI mengingatkan kembali kepada seluruh instrumen penyelenggara Pileg dan Pilpres (KPU, BAWASLU, TNI, POLRI dan Kepala Daerah) agar benar-benar menjaga netralitasnya dalam menjalankan tugasnya.

“Kepada semua kontestan yang akan berikhtiar pada pileg dan pilpres 2019 mendatang agar lebih menampilkan sikap dan perilaku politik yang cerdas.  bermartabat serta menunjukkan sikap sportivitas politik dalam menghadapi apapun hasil pileg dan pilpres,” ujarnya.

Poin terakhir, merekomendasikan kepada MN KAHMI untuk mengadakan silaturahmi Nasional seluruh calon anggota legislatif, DPD seluruh Indonesia. (lms)

sumber: tilik.id

News Feed