by

Meneladani Perjuangan Guru Bangsa Lewat Film Tjokroaminoto

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Indonesia berdiri berkat perjuangan para pahlawan yang telah gigih merebut kemerdekaan dari penjajah. Melihat nilai sejarah yang menjadi cikal bakal berdirinya bangsa, para sineas film gencar memproduksi karya-karya biografi para pahlawan ke layar lebar.

Salah satunya film Guru Bangsa Tjokroaminoto yang telah tayang pada April 2015 lalu. Secara ekslusif film besutan sutradara Garin Nugroho ini akan  ditayangkan melalui saluran Netflix pada bulan November ini. Film ini mengangkat kisah perjuangan dan kehidupan sosok pahlawan nasional bernama lengkap Raden Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto.

BACA JUGA:   Polemik R.A.A Wiranatakoesoemah V dengan Kaum Komunis

“Semangat dan nilai-nilai perjuangan yang dimiliki seorang HOS Tjokroaminoto sebagai tokoh pergerakan nasional dalam memperjuangkan gagasan, ide dan nilai – nilai kebangsaan ini dapat membangkitkan kembali rasa kebangsaan generasi muda saat ini” Ujar Erik Hidayat selaku Ketua YKB HOS Tjokroaminoto dalam keterangan tertulisnya.

Tjokroaminoto merupakan tokoh pergerakan nasional bangsa Indonesia di era 1890 – 1920an yang lahir dari kaum bangsawan jawa dengan latar belakang islam yang kuat. HOS Tjokroaminoto merupakan sosok yang memimpin organisasi Sarekat Islam hingga menjadi organisasi terbesar pertama dengan anggota sebanyak 2 juta orang yang berasal dari berbagai kalangan kelas sosial.

BACA JUGA:   Kiprah Haji Samanhudi, Pedagang Batik dan Perintis Sarekat Islam

Film bergenre drama biopic berlatar sejarah yang sangat kental dengan budaya jawa ini diperankan oleh aktor dan aktris ternama Indonesia mulai dari Reza Rahadian, Christine Hakim, Sujiwo Tejo, Alm. Alex Komang, Alm.Didi Petet, Ibnu Jamil, Chelsea Islan, Tanta Ginting, Deva Mahenra, Maia Estianty, dan juga Putri Ayudya telah meraih 18 penghargaan termasuk Film Terbaik 2015.

Reporter : Hafid Arsyid

sumber: genpi.co

News Feed