by

Netflix Tayangkan Biopik Tjokroaminoto Secara Internasional

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Guru Bangsa Tjokroaminoto merupakan karya sutradara Garin Nugroho.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam rangka  menyambut hari pahlawan, layanan streaming Netflix menayangkan film biopik Guru Bangsa Tjokroaminoto. Film Tjokroaminoto tayang secara internasional.

“Dengan tayangnya film Guru Bangsa Tjokroaminoto ini pada layanan Netflix diharapkan masyarakat dunia dapat lebih mengenal sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia serta sosok dan semangat HOS Tjokroaminoto tentunya,” ungkap Nayaka Untara selaku Produser MSH Films melalui keterangan resmi di Jakarta, Ahad (11/11).

Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau dikenal juga sebagai HOS Tjokroaminoto merupakan sosok yang memimpin organisasi Sarekat Islam hingga menjadi organisasi terbesar pertama dengan anggota sebanyak 2 juta orang yang berasal dari berbagai kalangan kelas sosial. Dia juga merupakan guru para pemimpin pergerakan nasonal, seperti Sukarno, Semaoen, Alimin dan Moesso.

BACA JUGA:   Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Kabah mengucapkan Selamat Milad Syarikat Islam ke-115 Tahun

“Semangat dan nilai-nilai perjuangan yang dimiliki seorang HOS Tjokroaminoto sebagai tokoh pergerakan nasional dalam memperjuangkan gagasan, ide dan nilai nilai kebangsaan ini dapat membangkitkan kembali rasa kebangsaan generasi muda saat ini,” ujar Ketua YKB HOS Tjokroaminoto Erik Hidayat.

Guru Bangsa Tjokroaminoto merupakan film arahan sutradara Garin Nugroho yang telah tayang pada April 2015. Film ini mengangkat kisah perjuangan dan kehidupan sosok pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto yang merupakan tokoh pergerakan nasional bangsa Indonesia di era 1890 hingga 1920an yang lahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang Islam yang kuat.

BACA JUGA:   Kaum Kiri, Ulama, Umat Islam: Akhir Peristiwa Tiga Daerah

Film bergenre drama biopik berlatar sejarah yang sangat kental dengan budaya Jawa ini diperankan oleh aktor dan aktris ternama Indonesia mulai dari Reza Rahadian, Christine Hakim, Sujiwo Tejo, Alm. Alex Komang, almarhum Didi Petet, Ibnu Jamil, Chelsea Islan, Tanta Ginting, Deva Mahenra, Maia Estianty, dan juga Putri Ayudya. Film ini juga telah meraih 18 penghargaan termasuk Film Terbaik pada tahun 2015.

sumber: republika.co.id

News Feed