by

Hamdan Zoelva Ajak Umat Jangan Mudah Sebar Berita Tanpa Tabayyun

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum DPP Syarikat Islam (SI), Hamdan Zoelva, menyebut banyaknya berita hoaks yang berseliweran membuat tensi politik jelang Pilpres 2019 semakin tinggi. Hal itu ia kemukakan dalam tasyakuran Milad ke-113 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018).

Untuk itu, ia mengajak kepada umat untuk tidak dengan mudahnya menyebarkan berita kepada orang lain tanpa melakukan klarifikasi atau tabayyun terlebih dahulu. Sebab, berita hoaks itu bisa menimbulkan perselisihan yang dapat berujung pada perpecahan.

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK : Negara Kita Negara Macam Apa

“Saya mengimbau agar hati-hati dan cermat mendengar atau menerima atau menyalurkan pengetahuan (berita) ke orang lain berita-berita tanpa tabayyun (klarifikasi kebenarannya),” ujar Hamdan.

Hamdan menambahkan, saat ini banyak persilangan pendapat dalam berbagai hal, khususnya urusan politik dan kekuasaan. Terlebih saat ini masyarakat tengah dihadapkan pada perhelatan Pemilu 2019.

Sehingga mantan Ketua MK itu menghimbau jemaah Syarikat Islam untuk menjauhkan diri dari perselisihan, dan lebih mengedepankan persatuan. Terlebih, kata Hamdan, SI sebagai ormas tidak memiliki afiliasi politik tertentu.

BACA JUGA:   Pembentukan parpol lokal di Papua tanggung jawab Presiden

“Hindari perselisihan yang mengarah kepada perpecahan. Secara formal organisasi Syarikat Islam tidak lagi fokus ke alur politik praktis dan menjaga jarak sama dengan semua parpol atau kekutan politik yang ada,” terangnya. (arkan.ak/kmp)

sumber: abadikini.com

News Feed