by

Gerakan Ekonomi Bangsa, Syarikat Islam Bangun Dakwah Ekonomi & Lembaga Wakaf

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Berita360.com, Jakarta – Sedikitnya 12 ribu jamaah anggota dan pengurus dari DPW Syarikat Islam Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banjarnegara, serta daerah lainnya, memadati Masjid Istiqlal dalam giat Pengajian dan Silaturahmi Nasional 2018 Pimpinan Pusat Lajnah/Tanfidziyah Syarikat Islam yang digelar, Minggu (21/10/2018) pagi WIB.

Pengurus dan anggota Syarikat Islam, rata-rata datang dengan menggunakan ratusan Bus, diantaranya, anggota Syarikat Islam dari Bandung dengan 105 bus, Garut 25 bus, Cirebon 2 bus, dan lain-lain.

Ketua Umum Syarikat Islam, Dr Hamdan Zoelva SH. MH, mengatakan banyak tarik menarik politik kepentingan di Indonesia yang mempengaruhi umat Islam dii tahun politik ini, namun secara formal dan organisasi, Syarikat Islam tidak berafiliasi dengan partai manapun.

Ke depan Syarikat Islam akan lebih menggerakan diri pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh sebab itu, menurut Hamdan, pihaknya akan segera membangun berbagai fasilitas kegiatan Dakwah Ekonomi di Purwakarta sebagaimana dijelaskan Hamdan Zoelva saat peringatan milad Syarikat Islam ke 113 di Bumi Perkemahan H. Agus Salim, Ciwareng, Babakan Cikao, Purwakarta.

BACA JUGA:   Ketua Majelis Pendidikan & Ketua Bidang Pendidikan Tinggi serta Direktur LBH DPP Syarikat Islam Menjadi Penguji dalam Ujian Terbuka Disertasi Doktor Ilmu Hukum Universitas Islam As-syafi’iyah Jakarta atas nama Kaspo

“Kami akan bangun pusat kegiatan dakwah ekonomi dari Syarikat Islam, termasuk membangun pondok pesantren Syarikat Islam Rodatul Quran,” kata Hamdan Zoelva.

Foto: Huge360/Berita360.com.

Untuk menunjang sarana dakwah ekonomi tersebut, Syarikat Islam, selain ponpes, bumi perkemahan, taman rusa, dan tempat penelitian untuk pengembangan pertanian pun akan dibuat.

Untuk itu, Syarikat Islam telah menyiapkan lahan seluas 70 hektar sebagai penunjang fasilitas perkonomian Islam, hal itulah adalah bentuk kepedulian pihaknya untuk pergerakan dakwah ekonomi syarikat Islam.

Beberapa dakwah ekonomi yang dijalankan oleh Syarikat Islam salah satunya adalah koperasi dalam bentuk Toko Grosir yang telah ada di beberapa kota di Indonesia, terutama di Bekasi dan Lebak Bulus.

Selain itu, syarikat Islam juga mengembangkan Lembaga Wakaf Syarikat Islam. Salah satunya adalah dengan menghimpun dana dari Masyarakat untuk membangun beberapa gedung perkantoran seperti gedung dan tower yang nantinya dipersewakan, atau dibuat hotel atau membuat apartemen dan semua itu adalan ghirah atau semangat menggerakan ekonomi bangsa. Salah satu Gedung dan Tower yang akan dibangun adalah di Jalan Daan Mogot.

BACA JUGA:   Ulama Diminta Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Tidak Berafiliasi Politik

Hamdan Zoelva menerangkan dalam arah organisasi Syarikat Islam tidak berafiliasi dengan partai manapun. Meskipun banyak anggota dari Syarikat Islam merupakan anggota partai, namun ditegaskan, bahwa syarikat Islam bersifat independen.

Sementara dalam hal dukungan terhadap salah satu pasangan calon Presiden, Hamdan Zoelva kembali menegaskan, bahwa pihaknya bersifat netral, “Sebagai organisasi yang Independen, sikap resminya, Syarikat Islam berada di tengah-tengah, kami bersikap Netral,” tegasnya.

Kendati demikian, Hamdan Zoelva menyadari banyak anggota-anggota syarikat Islam secara individu bersikap mendukung Capres tertentu, Meski organisasi ditegaskan telah bersikap netral dan independen, namun pihaknya tidak melarang secara personal atau individu berafiliasi pada salah satu pasangan capres.

“Kalau person-personnya dipersilahkan,” Tandas Hamdan Zoelva.

Penulis/Editor : Hugeng Widodo/Berita360.com.

sumber: berita360.com

News Feed