by

FH UCY Jalin Kerjasama dengan DPD Ferari DIY

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Fakultas Hukum Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (FH UCY) bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Daerah Federasi Advokat Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD Ferari DIY). Naskah kerjasama ditandatangani Dekan FH UCY, Iin Suny Atmadja, SH, MH dan Edi Haryanto, SH, MH, Kepala Bidang Pendidikan, Pelatihan, dan Kajian Hukum DPD Ferari DIY di Kampus UCY, Senin (13/8/2018).

Penandatanganan disaksikan Rektor UCY, Ir Mohammad Ismet, MSc, PhD dan jajaran civitas akademika UCY, Sekretaris DPD Ferari DIY, Aris Widodo SH, serta sejumlah tamu undangan. Kerjasama ini kosentrasi di bidang Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) untuk lulusan Sarjana Hukum dan Sarjana Hukum Islam/Syari’ah sesuai dengan ketentuan dari Undang-undang Advokat.

Dijelaskan Iin Suny Atmadja, penandatanganan kerjasama ini melalui jalan yang panjang. Sebab banyak tawaran dari organisasi advokat namun belum menemukan titik temu.

BACA JUGA:   Kaum Kiri, Ulama, Umat Islam: Akhir Peristiwa Tiga Daerah

“Alhamdulillah bersama dengan Ferari ada kesepehaman visi dalam melaksanakan PKPA sehingga hari ini dilaksanakan penandatanganan kerjasama. Selanjutnya, pelaksanaan PKPA akan dilaksanakan di UCY yang melibatkan pengajar dari akademisi hukum dan praktisi hukum seperti advokat, notaris, mediator dan para penegak hukum terkait,” kata Iin.

Sedang Aris Widodo, pelaksanaan PKPA sebagai amanat dari UU Advokat wajib menggandeng perguruan tinggi hukum. DPD Ferari DIY bekerjasama dengan UCY untuk melaksanakan kegiatan PKPA.

Menurut Aris, Ferari yang dikomandani advokat senior, Prof Dr Teguh Samudera, SH, MH cukup matang dalam perjalanan beracara. “Angkatan I alhamdulillah sudah ada peserta. Pendaftaran dapat dilakukan di FH UCY ataupun sekretariat DPD Ferari DIY dan ditutup Senin, 27 Agustus 2018,” kata Aris.

BACA JUGA:   Haji Samanhoedi Kebangkitan Nasional ala Islam

Sementara Rektor UCY, Mohammad Ismet, mengatakan kerjasama ini merupakan pengakuan dari publik sebagai nilai positif tentang keberadaan UCY. Adanya kerjasama ini pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) UCY, khususnya FH UCY semakin bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi para calon advokat yang akan berkiprah di masyarakat.

“Selain itu, kerjasama ini juga mendukung rencana pengajuan akreditasi institusi pada tahun ini. FH akan menjadi contoh bagi fakultas lain di lingkungan UCY untuk meningkatkan kerjasama dengan pihak lain,” tandas Ismet.

sumber: jogpaper.net

News Feed