by

Peninggalan HOS Tjokroaminoto Tak Lagi Dimiliki Keluarga, Maia Estianti Tidak Sedih

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

KedaiPena.Com – Saat ini semua peninggalan pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto sudah diberikan pada negara. Pihak keluarga sama sekali tidak memiliki buku atau benda bersejarah yang berhubungan dengannya.

Demikian disampaikan cucu Tjokroaminoto, Maia Estianti di Depok, ditulis Minggu (2/12/2018).

Namun, Maia tidak merasa sedih. Ia justru menganggap penyerahan berbagai atribut Tjokroaminoto pada negara membukakan jalan bagi banyak orang untuk bisa lebih jauh mempelajari kehebatan leluhurnya.

“Kalau peninggalan beliau (Tjokroaminoto) sih ya, sudah dilestarikan. Seperti rumah dia itu sudah diberikan pada negara sebagai salah satu objek wisata,” ujar eks istri pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani ini.

BACA JUGA:   Penting untuk Generasi Muda, Kampung Kelahiran Bung Karno Akan Jadi Sentra Edukasi Nasionalisme

Maia sendiri sama sekali tidak menyimpan benda-benda pinggalan Tjokroaminoto di kediamannya di Jakarta. Namun, ada kemungkinan ayahnya memiliki satu atau dua barang kuno milik Tjokroaminoto di kampung halamannya di Surabaya.

“Wah, kalau aku tidak menyimpan buku-buku atau foto-foto peninggalan Beliau. Mungkin kalau di rumah ayah yang di Surabaya ada, tapi itu pun mungkin, ya. Saya di rumah foto sendiri saja jarang dipajang, ini lagi foto dari zaman dahulu,” tuturnya sembari berkelakar.

BACA JUGA:   Guru SD Mengajar Daring dari Rumah HOS Tjokroaminoto

“Ya, apa yang masih bisa dirasakan hingga saat ini, ya, kemerdekaan bangsa ini, ya. Bangsa ini bisa merdeka kan, ya, karena berhasil mendidik murid-murid yang mampu membebaskan bangsa dari penjajahan, toh?” sambungnya.

Laporan: Ranny Supusepa

sumber: kedaipena.com

News Feed