by

JK Sebut yang Menguasai Ekonomi Kemudian Menguasai Politik

Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir dalam acara buka puasa bersama sejumlah tokoh di Wisma Antara, Jakarta Pusat. Acara ini juga dalam rangka mengenang 86 tahun wafatnya HOS Tjokroaminoto, tokoh Syarikat Islam (SI).

JK mendukung pengembangan jiwa dagang umat Islam sesuai prinsip Syarikat Islam. Menurutnya, siapapun yang menguasai ekonomi akan mudah menguasai politik.

“Siapa yang menguasai ekonomi itu bisa kemudian menguasai politik. Karena itu, sangat senang sekali bahwa Syarikat Islam itu kembali ke khittahnya, jiwanya,” kata JK di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Kamis (7/6).

BACA JUGA:   Kebangkitan Nasional versi Sarekat Islam

“Kenapa saya selalu kita mendukung? Bahwa kalau organisasi Islam bergerak di bidang politik banyak, partai banyak. Bergerak di bidang sosial lainnya banyak. Yang bergerak mengembangkan jiwa dagang umat Islam tidak terlalu banyak,” sambungnya.

JK menilai Islam sudah baik dalam bidang politik juga sosial. Namun, umat Islam masih kurang mengembangkan semangat dagang untuk meningkatkan perekonomian.

BACA JUGA:   Polemik R.A.A Wiranatakoesoemah V dengan Kaum Komunis

“Karena itulah maka bagaimana Syarikat Islam kembali ke khittah. Kalau partai Islam sudah cukuplah sekarang ini. Sudah 5 ya Pak Hatta? Haha, 5 atau 6,” jelasnya.

“Nanti kalau Syarikat Islam kuat di dalam, nanti partai itu mendekat minta tolong. Biasanya begitu. Karena partai juga butuh sponsor kadang-kadang,” kelakar JK.

sumber: jitunews.com

News Feed