by

50 Sultan Nusantara Kumpul di Makassar

Print Friendly, PDF & Email

MAKASSAR — Sebanyak 50 sultan atau raja di Nusantara hadir dan berkumpul bersama pada acara milad 50 tahun Universitas Cokroaminoto (UCM) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Rektor UCM Muhammad Asdar di Makassar, Sabtu (28/4), mengatakan kedatangan puluhan sultan dan raja dari berbagai daerah di nusantara ini tentunya merupakan sebuah kebanggaan yang begitu luar biasa bagi UCM.

“Kami begitu berbangga dengan kedatangan para sultan nusantara di kampus kami. Saya juga berterima kasih keinginan Menteri Pertanian untuk datang meski pada akhirnya batal karena mendadak ada kegiatan penting, namun tetap mengirimkan perwakilannya,” kata Asdar seperti dikutip dari Antara.

Selain dihadiri 50 sultan nusantara, acara yang juga dimanfaatkan untuk ajang silaturahmi organisasi Serikat Islam itu juga dihadiri Ketua DPP Sarikat Islam (SI) Hamdan Zoelva.

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK: Mendagri Tak Bisa Berhentikan Kepala Daerah, Itu Sudah Diatur UU

Ia menjelaskan, 50 sultan nusantara yang hadir dalam acara spesial bagi UCM ini yakni terdiri dari 25 raja sultan dari luar Sulawesi Selatan dan 25 sultan yang berasal dari wilayah Sulawesi Selatan, Adapun para sultan itu di antaranya Sri Sultan Mahmud Badarudin (Palembang), Sultan Bangsa dari Mukon Muko, Sultan Juanda (Bengkulu), Hamidah (Bengkulu Utara), Dr Darma (Jawa Barat), Bayu Adrianto dari Rembang yang juga saat ini sebagai wakil Bupati Rembang serta Dr Raden Ali (Jawa Timur).

Selain itu hadir pula dari kesultanan atau kerajaan Singosari, hingga keturunan dari raja Majapahit yakni Wijaya Adikusuma, Sulaiman di Poso serta Hari Gondo Prawiro dari Kerajaan Kutai Kartanegara.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva Tekankan Pentingnya Persatuan Umat

“Untuk dari wilayah Sulawesi Selatan juga menyempatkan diri hadir. Kami memang hanya fokus menggenapkan sebanyak 50 sultan karena sesuai dengan usia dari UCM,” jelas Asdar

Dalam kesempatan tersebut, Asdar juga menjelaskan jika peran kesultanan begitu penting untuk menjaga nilai-nilai kebudayaan. Apalagi kerajaan sebelumnya begitu berkontribusi besar terhadap perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita berharap dengan kegiatan silaturahmi bersama para sultan se-nusantara ini memberikan pengaruh yang positif bagi kemajuan bangsa dan negara ke depan,” ujar Asdar

Pada peringatan milad UCM hari ini juga akan dirangkaikan dengan pembangunan Masjid Kampus UCM.(Leo Wisnu Susapto)

sumber: validnews.id

News Feed