by

Di Malang, 24 Tim Mahasiswa Uji Materi UUD

Print Friendly, PDF & Email

MALANG KOTA – Hari ini (10/4), sebanyak 24 tim mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi (PT) se-Indonesia menguji kelayakan UUD. Rencanannya, pengujian materi yang diselenggarakan di Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu dikemas melalui debat.

”Mereka akan bertanding mempertahankan argumennya,” ujar Ketua Panitia debat Haris Toefly, kemarin (9/4).

Haris menyatakan, debat yang diinisiasi mahkamah konstitusi (MK) itu menghadirkan Hamdan Zoelva. Mantan politisi partai bulan bintang (PBB) itu akan mengupas UUD sebagai solusi permasalahan pilkada. Menurut Haris, pilkada langsung banyak memicu permasalahan. Misalnya, sengketa hasil pilkada.

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK: Pelanggar PSBB Tak Bisa Dikenakan UU Karantina

”Dalam forum tersebut juga akan dikaji apakah pilkada langsung itu masih relevan (dilaksanakan),” kata ketua asosiasi kota (Askot) persatuan sepak bola seluruh Indonesia (PSSI) Kota Malang itu.

Kriminolog asal UMM itu menambahkan, debat digelar serentak se-Indonesia. Namun pelaksanaannya dibagi menjadi tiga wilayah. Yakni Indonesia timur, tengah dan barat.

”Untuk wilayah Indonesia Timur meliputi Jawa Timur, Sulawesi, Papua, Bali, dan daerah timur lainnya,” kata pemilik sekolah sepak bola (SSB) Banteng Muda itu.

BACA JUGA:   27 Nopember 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati Kajian Islam Dan Konstitusi bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH

Dia menyatakan, selama satu jam ke 24 tim akan saling berhadapan satu sama lain dengan topik debat yang beragam. Ke 24 tim akan dikerucutkan menjadi 8 tim pada semifinal dan dieliminasi lagi menjadi 4 pemenang yang berhak maju final.

”Pada 13 Juli nanti finalnya diadakan di Gedung Pancasila di Jakarta, tanding dengan delegasi Wilayah Barat dan Wilayah Tengah,” ujarnya.

Pewarta: Sandra Desi
Penyunting: Mahmudan

sumber: radarmalang.id

News Feed