by

Chairul Yaqin Hidayat, Pengusaha Muda Cicit HOS Tjokroaminoto

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

DI usianya yang masih muda, Chairul Yaqin Hidayat sudah aktif di berbagai bidang. Mengawali karier sebagai pengusaha, ia juga getol berkesenian serta terlibat di gerakan pemuda dan kemasyarakatan. Ingin lebih bermanfaat bagi masyarakat luas, Chairul masuk ke politik.

Chairul Yaqin Hidayat, yang akrab disapa Ruli Hidayat merupakan putra dari pengusaha dan mantan Menteri Perindustrian, MS Hidayat. Ruli lahir di Bandung, 29 Januari 1971. Meskipun lahir dengan membawa nama besar keluarga, ia dididik dengan nilai-nilai kemandirian, kesederhanaan, dan kepedulian terhadap sesama.

Mengikuti jejak sang ayah, Ruli mengawali kariernya sebagai pengusaha. Di kota kelahirannya, ia memiliki sejumlah lini usaha, salah satunya kafe dengan konsep unik, Butterfield Kitchen.

Berbekal jiwa kewirausahaan dalam dirinya, Ruli mendirikan dan mengelola Co & Co Space, sebuah tempat yang menaungi para profesional, inovator dan kelompok kreatif untuk bertemu, bekerja sama dan berbagi pengalaman.

BACA JUGA:   HOS Tjokroaminoto Pejuang Islam dan Kemerdekaan Indonesia

Ruli Hidayat juga merupakan seorang musisi. Bahkan di media sosialnya, ia mencantumkan “pencipta lagu” sebagai profil dirinya. Ruli membentuk band bernama Siropleci yang bergerak di label indie. Melalui musik, suami dari Titiek Nurri itu berharap dapat mentransformasikan nilai-nilai positif kepada khalayak.

Sebagai seniman, Ruli memiliki kepekaan terhadap permasalahan sosial yang kerap menjadi inspirasinya dalam berkarya. Bersama komunitas musik di Kota Bandung, ia menggagas dibentuknya Yayasan Musik Bandung yang bertujuan menaungi proses kreatif para musisi berbakat namun tidak memiliki fasilitas untuk berkarya.

Terinspirasi HOS Tjokroaminoto

Ruli Hidayat merupakan cicit dari HOS Tjokroaminoto. Ibunda Ruli, Nuraini Mahdiati Tjokroaminoto adalah cucu dari guru bangsa dan pahlawan nasional tersebut.

BACA JUGA:   TERIAK MERDEKA

Masuknya Ruli ke politik salah satunya karena terinspirasi kakek buyutnya yang mendirikan Sarekat Islam sebagai alat perjuangan bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaan.

Berbeda dengan sang ayah yang merupakan kader Partai Golkar, Ruli lebih memilih bergabung dengan Partai Demokrat. Tahun 2017, ia diangkat menjadi Wakil Bendahara Umum DPP Partai Demokrat. Sebelumnya, Ruli merupakan pengurus DPP Partai Demokrat pada 2015.

Karier cemerlang Ruli Hidayat di partai, serta kiprahnya di masyarakat membuatnya diusung menjadi calon wakil wali kota Bandung mendampingi Nurul Arifin di Pilwalkot Bandung 2018.

Kepeduliannya terhadap Bandung kerap diungkapkan melalui akun media sosialnya. Memiliki slogan “bahagia untuk semua,” Ruli ingin warga Bandung tidak hanya cukup secara ekonomi, tetapi juga memiliki hati yang tenang dan pikiran yang senang.***

sumber: pikiran-rakyat.com

News Feed