by

Rumah HOS Tjokroaminoto Surabaya Disulap Jadi Museum

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Surabaya – Keinginan Surabaya menjadi kota wisata bersejarah mulai terwujud. Seiring diresmikan Rumah Raden Hafji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, di Jalan Peneleh VII No 29.

“Ini memang belum sempurna. Ke depan akan terus kami sempurnakan sehingga jadi aset wisata pahlawan di Surabaya,” kata Wali Kota Tri Rismaharini dalam sambutannya, Senin (27/11/2017).

Selain meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Surabaya terus melengkapi koleksi benda asli milik HOS Tjokoroaminoto, Risma juga minta museum ini jadi mudah dimengerti anak-anak.

Museum HOS Tjokoroaminoto/Museum HOS Tjokoroaminoto/ Foto: Zaenal Effendi

“Nanti akan ada media interaksi sehingga anak-anak senang. Semisal tentang siapa saja tokoh yang dulunya belajar di rumah ini,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Napak Tilas Pagar Betis DI/TII Benteng Kecamatan Ibun

Dia menjelaskan di kawasan Peneleh banyak peninggalan sejarah. Selain museum HOS Tojkroaminoto, tidak jauh dari sana juga terdapat rumah kelahiran presiden pertama RI, Ir Soekarno. Dalam waktu dekat, Surabaya juga akan memiliki museum Dr Soetomo di Jalan Bubutan dan museum WR Soepratman.

Risma berharap dengan peresmian museum ini bisa berdampak ekonomi pada warga sekitar dengan menjual olahan industri kreatif.

Risma resmikan museum HOS Tjokoroaminoto/Risma resmikan museum HOS Tjokoroaminoto/ Foto: Zaenal Effendi

“Ini bisa jadi kekuatan yang besar. Ini luar biasa asetnya. Bahkan, kelak bisa menjadi rezeki untuk warga. Saya harap warga di sini bisa memanfaatkan dengan menjual souvenir semisal kaos atau gantungan kunci sesuai dengan temanya. Pak RW, tolong ya (supaya masyarakat bisa menangkap peluang),” harap Risma.

BACA JUGA:   3 Tokoh Pergerakan Nasional yang Menginspirasi

Sementara cucu HOS Tjokroaminoto, Harjono Sigit mengaku senang dan bangga karena rumah kakeknya dapat dimanfaatkan orang banyak. “Saya senang tentu saja dan bangga semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Harjono singkat.

Beberapa koleksi di rumah HOS Tjokroaminoto didapatkan dari bantuan keluarga dan badan arsip nasional. Pengunjung bisa melihat koleksi buku, mebel, baju, tempat tidur serta di lantai dua dimana tempat HOS Tjokroaminoto belajar melakukan pidato. Dalam peresmian museum juga dihadiri cucu HOS Tojkroaminoto, Harjono Sigit. (ze/fat)

sumber: detik.com

News Feed