by

Risma: Rumah WR Supratman dan Dr Soetomo Juga Akan Jadi Museum Sejarah

Print Friendly, PDF & Email

Penulis Kontributor Surabaya, Achmad Faizal | EditorReni Susanti SIDOARJO, KOMPAS.com – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mendesain Surabaya sebagai kota wisata sejarah. Setelah menjadikan Rumah Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto sebagai museum sejarah, hal yang sama juga akan dilakukannya pada rumah pahlawan Dr Soetomo dan WR Supratman. Rumah WR Supratman berada di Jalan Mangga Nomor 21 Kkecamatan Tambaksari. Sementara rumah pahlawan Dokter Soetomo di Jalan Bubutan Surabaya. “Setelah HOS Tjokroaminoto, selanjutnya rumah WR Supratman dan rumah Dokter Soetomo,” kata Risma saat meresmikan museum HOS Tjokroaminoto di Jalan Peneleh VII nomor 29 Surabaya, Senin (27/11/2017).

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Senin, 5 Juli 2021 Pukul 16.00 - 16.40 WIB Program Salam Satu Hati

Di museum HOS Tjokroaminoto, Risma mengakui koleksinya memang belum lengkap. Namun Risma tetap meresmikan karena mengejar momentum bulan November sebagai hari Pahlawan. “Kami terus melengkapi museum, termasuk dengan sarana interaktif agar siswa-siswa yang berkunjung lebih cepat mengerti,” jelas Risma. Terima kasih telah membaca Kompas.com. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Khusus di wilayah Peneleh Surabaya, Risma berharap warga sekitar juga mendukung. Sebab Risma akan menjadikan kawasan tersebut sebagai kampung wisata sejarah. Karena selain rumah HOS Tjokroaminoto, di wilayah tersebut juga ada tempat kelahiran Bung Karno yakni di Pandean Gang IV Nomor 40.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Kamis, 1 Juli 2021 Pukul 16.00 - 16.40 WIB Program Salam Satu Hati

“Warga bisa memanfaatkan peluang ekonominya, seperti membuat atribut dan souvenir kaos, gelas, gantungan kunci, dan sebagainya,” tutur Risma. Museum sejarah menurut Risma sangat penting bagi warga khususnya bagi pelajar, agar mereka bisa terinspirasi dan memaknai kemerdekaan sebagai sesuatu yang tidak diberi, melainkan diperjuangkan.

Penulis : Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

sumber: kompas.com

News Feed