by

Resmikan Museum HOS Cokroaminoto, Risma: Ini Dulu Kamarnya Bung Karno

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Surabaya, IDN Times – Rumah Kebangsaan Cokroaminoto kini resmi berubah nama menjadi Museum HOS Cokroaminoto. Museum yang terletak di Jalan Peneleh V/29 itu dulunya adalah bangunan tempat tinggal pahlawan nasional HOS Cokroaminoto. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini langsung hadir untuk meresmikan museum tersebut pada Senin (26/11).

“Rumah ini simbol saat itu beliau (HOS Cokroaminoto) berani keluar zona nyaman untuk memulai sesuatu yang baru. Bahwa perjuangan itu memerlukan perjuangan,” ujarnya di depan awak media.

Tengok kamar tidur Bung Karno.

Resmikan Museum HOS Cokroaminoto, Risma: Ini Dulu Kamarnya Bung KarnoIDN Times/Rudy Bastam

Sesaat setelah meresmikan, Risma berkeliling melihat isi dari museum tersebut. Mulai dari foto-foto hingga tempat tidur milik Cokroaminoto. Tak ketinggalan Risma juga menyempatkan untuk naik ke lantai dua.

BACA JUGA:   Kiprah Haji Samanhudi, Pedagang Batik dan Perintis Sarekat Islam

“Ini dulu kamarnya Bung Karno, dulu belajar pidatonya di situ menghadap kaca (cermin),” jelas Risma penuh semangat.

Dirinya kagum bahwa Museum Cokro dapat mengumpulkan berbagai memorabilia yang berkaitan dengan HOS Cokroaminoto seperti kursi dan lemari yang dicari semirip mungkin dengan aslinya.

Ajak generasi muda untuk paham sejarah.

Dalam acara peresmian yang juga dihadiri anak-anak sekolah itu, Risma juga mengajak anak-anak generasi muda untuk memahami arti pahlawan. Menurutnya museum ini dulunya tak hanya sebagai rumah tinggal, tapi sarat dengan sejarah panjang Surabaya dan Indonesia.

BACA JUGA:   MTs Cokro Madukara Mulai Implementasi KBM Tatap Muka

“Ini bisa jadi contoh untuk kita melangkah ke depan. Saya pengen supaya anak-anak tidak kehilangan arahnya,” ujar Risma.

Ke depan, pemerintah kota Surabaya akan mengusahakan bahwa museum tersebut dapat menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Surabaya.

sumber: idntimes.com

News Feed