by

Sosialisasi Empat Pilar, VALINA SINGKA Ajak WSI Sulut Implementasikan Pancasila

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

MANADO, Suluttoday.com – Melalui sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Sulawesi Utara, di Manado Bersehati Hotel (MBH), Jumat (24/11/2017). Dr Valina Singka Subekti, M.Si anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang juga Ketua Umum Wanita Syarikat Islam (WSI) mengatakan bahwa empat pilar kebangsaan harus diinternalisasikan dalam aktivitas seluruh keluarga Syarikat Islam.

“Kita perlu meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan cinta terhadap nasionalisme. Mari, saya mengajak kita mengimplementasikan nilai-nilai pancasila. Kalau kita bicara lebih jauh lagi, memang Negara berkewajiban menjaga keyakinan agama rakyatnya, itu menandakan bahwa umat beragama di NKRI bila menjalankan agamanya dengan benar, maka sudah pasti dia menjadi Pancasilais. Silahkan jalankan syariat agama masing-masing,” kata Valina.

Selain itu, mantan anggota MPR RI periode 1999-2004 ini mengingatkan terkait konsen dan perjuangan WSI yang harus bergerak memperhatikan serta mengawal kepentingan kaum perempuan. Karena menurutnya di era modern saat ini, begitu banyak kaum perempuan menjadi budak eksploitasi, perlakuan yang tidak adil terhadap perempuan masih saja terjadi di Negara Indonesia.

“WSI bertugas menjaga hak-hak kaum perempuan, sehingga kita mengutuk dan melawan yang namanya tidak diskriminatif maupun tindakan penindasan terhadap kaum perempuan. Dengan begitu, kita layak berfikir negarawan dan menjaga Pancasila, kita pun bertugas menjaga keutuhan bangsa, karena kita bukan budak,” tutur Valina yang juga mantan Komisioner KPU RI periode 2004-2007 itu.

Tidak hanya itu, kata Valina perempuan harus menjadi cerminan dan teladan bagi keluarga yang baik. Terutama diwilayah publik, kaum perempuan harus ikut terlibat aktif menjaga rasa toleransi, kerukunan, keaman dan stabilitas sosial, tidak ikut-ikut menjadi penyebar kebencian atau menjadi pemicu konflik ditengah masyarakat.

Peserta serius mengikuti sosialisasi (Foto Suluttoday.com)

“Kita kaum perempuan juga jangan mengeluarkan perkataan-perkataan yang menyakitkan orang lain, karena kita beragam kita perlu saling menjaga perasaan dan kebersamaan antar sesama. Saling menghargai dan hormat menghormati, bukan saling menyakitkan antara sesama,” papar Valina melalui sosialisasi yang dihadiri ratusan perempuan tersebut.

Sementara itu, Plt Ketua Wilayah WSI Sulawesi Utara (Sulut) Hj. Hindun Alhasni saat diwawancarai wartawan, selaku panitia penyelenggara kegiatan menyampaikan terima kasih atas sosialisasi empat pilar MPR RI yang dilaksanakan Ketua Umum WSI tersebut. Menurut Hindun, kegiatan ini berdampak positif terhadap pemahaman, menambah wawasan dan meningkatkan kesadaran para perempuan terutama WSI Sulut agar tau pentingnya nasionalisme.

Hj Hindun Alhasni (Foto Suluttoday.com)

”Sadar ataupun tidak, pemahaman masyarakat terhadap nasionalisme, pancasila dan materi-materi yang disampaikan dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan ini mulai tidak dilirik masyarakat kebanyakan. Artinya, pengetahuan masyarakat mulai tergerus sehingga kecintaan terhadap NKRI mulai mengalami penurunan, akhirnya kegiatan sosialisasi semacam ini menjadi sangatlah penting. Kami berharap diberikan terus sosialisasi seperti ini, saya berterima kasih kepada Ibu Ketum WSI yang mempercayakan kami untuk terlibat pada kegiatan ini,” ucap Hindun. (Amas)

BACA JUGA:   DISKUSI INTERNAL oleh PIMPINAN PUSAT WANITA SYARIKAT ISLAM

sumber: suluttoday.com

News Feed