Jika Tak Bertemu Tjokroaminoto, Soekarno Disebut Mungkin Takkan Jadi Tokoh Besar

by admin
3 views

Valina menyebut bahwa di dalam buku biografi Soekarno, Soekarno mengatakan bahwa Tjokroaminoto telah banyak mengubahnya.

Jika Tak Bertemu Tjokroaminoto, Soekarno Disebut Mungkin Takkan Jadi Tokoh Besar

ALI MUHTADIN/HIDAYATULLAH.COM
Ketua DPP Gerakan Wanita Sarikat Islam, Valina Singka Subekti (kanan), pada acara Ngaji Bareng Bung Karno di Jakarta, Selasa (06/06/2017).

Hidayatullah.com– Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Wanita Sarikat Islam, Valina Singka Subekti menjelaskan bahwa Presiden Indonesia pertama, Soekarno, belajar banyak dengan HOS Tjokroaminoto dalam hal politik.

“Saya kira pengaruh dari Pak Tjokroaminoto itu luar biasa kepada Soekarno, terutama pada pemikiran politik Bung Karno,” katanya dalam acara Ngaji Bareng Bung Karno di Megawati Institute, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (06/06/2017).

BACA JUGA:   WSI Jatim: Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia

Bersama beberapa temannya, jelasnya, Soekarno sangat rutin sekali mengikuti kursus politik yang dibimbing langsung oleh Tjokroaminoto.

“Banyak tokoh-tokoh dahulu yang tinggal di rumah Tjokroaminoto, seperti Kartosoewirjo, Semaun, dan lain-lain,” ungkapnya.

Selain politik, sambung Valina, sejak muda Soekarno juga belajar Islam di rumah Tjokroaminoto. Karena sejak umur 15 tahun Soekarno dititipkan ayahnya di rumah Tjokroaminoto, lanjutnya.

BACA JUGA:   Utusan WSI SUMSEL di Musyawarah Paripurna VIII BKOW SUMSEL

“Kalau kursus agama, Bung Karno belajar langsung dengan Pak Ahmad Dahlan,” kata dosen Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) ini.

Valina menyebut bahwa di dalam buku biografi Soekarno, Soekarno mengatakan bahwa Tjokroaminoto telah banyak mengubahnya.

“Mungkin saja apabila Soekarno tidak bertemu Tjokroaminoto mungkin tidak akan menjadi tokoh besar,” pungkas Valina.* Ali Muhtadin

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

sumber: hidayatullah.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini