by

Ketum Syarikat Islam, Hamdan Zoelva: Pancasila Haruslah Dipahami Secara Utuh

Print Friendly, PDF & Email

abadikini.com, GORONTALO – Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva menegaskan, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945, sudah final.

“Tidak ada sedikitpun larangan dalam Pancasila untuk menjalankan Syariat Islam. Pancasila haruslah dipahami secara utuh,” ujar Hamdan Zoelva dalam Diskusi Kebangsaan bertajuk, Kecerdasan sosial dalam mengelola keberagaman Indonesia, yang diadakan di hotel Grand Q, Gorontalo, Kamis ( 27/7/17) lalu.

BACA JUGA:   KKB Papua sebagai Teroris, Hamdan Zoelva: Sudah Tepat

Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2013-2015 ini menjelaskan, sila-sila didalam Pancasila tidak bisa di pahami berdiri sendiri. Misal kata Hamdan, Sila Persatuan Indonesia itu harus didukung dengan keadilan sosial begitu juga sila-sila lainnya. Sila ketuhanan yang Maha Esa menjadi Prima Causa dari semua sila-sila tersebut.

“Sila sila dalam Pancasila tidak bisa dipahami berdiri sendiri seperti Sila Persatuan Indonesia, haruslah didukung oleh keadilan sosial dan sila sila lain dimana sila Ketuhanan yang Maha Esa menjadi Prima Causa dari semua itu. Kalau tidak demikian Persatuan Indonesia hanya menjadi slogan kosong,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pemerintah Diminta Tindak Tegas Penimbun Gula

[ads1]

sumber: abadikini.com

News Feed