by

Mantan Ketua MK Jadi Dewan Pelindung dan Pembina JOIN

Print Friendly, PDF & Email

Jakarta, BKNews–Di tengah kencangnya desas-desus pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia, Jakarta kembali menjadi saksi sejarah dunia jurnalistik Tanah Air. Senin (17/7) kemarin.

Hamdan Zoelva, tokoh nasional yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), memimpin secara langsung deklarasi, sekaligus pelantikan dan pengukuhan pengurus pusat dan provinsi Jurnalis Online Indonesia (JOIN).

Dalam sambutannya Hamdan mengatakan, seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, masa depan media pemberitaan berada di bidang online. Menurutnya,” saat ini orang lebih senang mencari informasi dari perangkat gadget yang dimilikinya, ketimbang media cetak. Makanya banyak media-media cetak besar, di dunia bahkan, yang gulung tikar atau berpindah ke media online. Contohnya seperti News Week di Amerika Serikat,” Ungkap Mantan Ketua Mahkamah Kostitusi.

BACA JUGA:   Kesepakatan Pemerintah dan Ormas Islam Soal Idul Adha, Ini Isinya

Selaku pelindung sekaligus pembina, Hamdan pun berpesan agar JOIN mampu merumuskan kebijakan terkait pemberitaan media online. Bukan sekadar yang tercepat atau terdepan, namun jangan melupakan unsur 5W 1H dan cover booth side. “Saya kira ini yang harus dipikirkan, agar kedepannya JOIN menjadi profesional dan terpercaya,” pesan Hamdan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum JOIN Kresna Budhi Chandra menambahkan, hingga saat ini JOIN merupakan satu-satunya wadah organisasi wartawan online yang terdaftar secara hukum di Kementerian Hukum dan HAM. “Kita sudah mengantongi landasan hukumnya dan kedepannya seiring dengan penataan organisasi, kita tengah memenuhi persyaratan untuk diakui oleh Dewan Pers bahkan tidak tertutup kemungkinan akan menjadi mitra Dewan Pers, terkait verifikasi media dan wartawan online kedepannya,” jelas Ketua Join Pusat

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva: Moeldoko Tak Punya Legal Standing Gugat Menkumham ke PTUN

JOIN sendiri dirintis sejak 20 Mei 2016 dan mendapatkan legalitas hukum berdasarkan SK Kemenkum HAM RI Nomor AHU -0008952.AH.01.07 Tahun 2017 tertanggal 5 Juni 2017. Hingga saat ini, JOIN sedikitnya sudah berada di 22 provinsi di Tanah Air, serta sejumlah cabang di kabupaten/kota.

Ada pun pengurus provinsi yang hadir dalam acara kemarin antara lain, Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara hingga Provinsi Papua. Sementara, dalam waktu dekat JOIN juga akan hadir di Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Utara.(Ahmad)

sumber: bakinews-online.com

News Feed