by

Hamdan Zoelva: Syarikat Islam Itu Kakeknya Partai Bulan Bintang

Print Friendly, PDF & Email

abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Syarikat Islam (SI) Hamdan Zoelva menghadiri Milad ke-19 Partai Bulan Bintang, Senin (17/7/2017). Dalam sambutanya, Hamdan mengenang awal pembentukan Partai Bulan Bintang.

“Tidak terasa sudah 19 tahun partai ini dideklarasikan di masjid al-Azhar pada tanggal 17 Juli 1998, saat itu Dr. Anwar Haryono itu adalah juru bicara partai Masyumi yang terakhir sampai pada saat dibubarkan, saat itu mendeklarasikan partai ini dengan memakai kursi roda, sudah sangat sepu sekali dan tidak lama kemudian meninggalkan kita semua,” kata Hamdan dalam sambutannya, Senin (17/7/2017) malam.

Hamdan juga menyampaikan selamat Milad kepada seluruh fungsionaris, kader dan simpatisan Partai Bulan Bintang. Menurutnya umur 19 tahun merupakan umur yang sudah dewasa. Walaupun ada naik turun dalam berpartai, dia menyakini dengan bersungguh-sungguh suatu saat akan menjadi partai besar

“Saudara-saudara sekalian saya ucapkan selamat kepada segenap pengurus kader dan anggota Partai Bulan Bintang, Milad ke 19 Tahun, umur yang sudah sangat dewasa walaupun awalnya naik turun naik tapi begitulah kita berpartai ada naik ada turun dan saatnya yakinlah dengan amanat Majelis Syura tadi dengan bersungguh-sungguh suatu saat akan naik, jangan khawatir,” ujarnya.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva Sebut Anies dan HRS Tak Bisa Dipidana Pakai UU Karantina

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menegaskan bahwa dirinya tidak pernah meninggalkan Partai Bulan Bintang. Dia menyatakan tidak akan berpolitik praktis lagi, apalagi setelah terpilih menjadi Ketua Umum Syarikat Islam (SI).

“Saya tidak pernah meninggalkan Partai Bulan Bintang, dulu syarat untuk menjadi anggota MK itu harus mundur dari anggota Partai ya, banyak teman-teman yang mengajak untuk masuk partai menjadi pimpinan partai-partai besar saya alasanya cukup kuat, saya ini ketua umum Syarikat Islam, Ormas yang sekarang ini tidak memungkinkan saya untuk menjadi pimpinan partai,” lanjut Hamdan.

Suasana Acara Milad ke-19 Partai Bulan Bintang di DPP PBB Jalan Raya Pasar Minggu KM 18 No IB, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017) malam.

Mantan Ketua Umum Pemuda Bulan Bintang itu menyebut Syarikat Islam adalah kakeknya Partai Bulan Bintang. Menurutnya lambang Partai Bulan Bintang mengikuti lambang Syarikat Islam, partai politik Islam pertama yang di Indonesia yang didirikan tahun 1905.

BACA JUGA:   Terkait Anies Terancam Dipenjara 1 Tahun, Hamdan Zoelva : Karantina Itu Berbeda dengan PSBB

“Jadi Syarikat Islam ini adalah kakeknya Partai Bulan Bintang, lambang Partai Bulan Bintang ini adalah lambang Syarikat Islam jadi sama, Bulan Bintang, sama persis. Cuma Laa ilaha illallah dua kali dari kiri lambang kekanan jadi memang mengikuti lambang Syarikat Islam partai politik yang dulu lahir pertama di Indonesia, didirikan tahun 1905, dengan nama Serikat Dagang Indonesia (SDI),” ungkap Hamdan

Hamdan menambahkan, Syarikat Islam juga telah melahirkan berbagai tokoh-tokoh pergerakan bangsa, apakah tokoh Muhammadiyah, tokoh NU, tokoh nasionalis, tokoh komunis semua lahir dari Syarikat Islam

“Jadi ada yang sangat kanan ada yang sangat kiri dan ada yang tengah, yang tengah yang berkuasa yang paling kiri diberangus yang paling kanan diberangus nah, tapi itu semua lahir dari rahim Syarikat Islam,” ungkap Hamdan. (sp.ak)

sumber: abadikini.com

News Feed