by

Prof Taufik Penemu DC House memberikan Kuliah Umum di Universitas Cokroaminoto Makasar

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Prof Taufik Penemu DC House memberikan Kuliah Umum di Universitas Cokroaminoto Makasar

Prof Taufik, seorang Profesor Teknik Elektro dari Universitas Cal Poly, USA, Sabtu 15 Juli 2007, memberikan kuliah Umum di Universitas Cokroaminoto Makassar.

Beliau sangat bergembira sekali dapat hadir dan bersilaturahmi dengan sivitas akademika UCM.

Menurut pandangan beliau tentang energi listrik saat ini seyogyianya dilihat dari kebutuhannya. Selama ini paradigma energi listrik selalu dari pembangkit melalui transmisi jaringan sampai ke konsumen.
Permasalahannya, masih banyak daerah atau pulau terpencil yang karena kondisi geografis, masih belum memiliki jaringan utilities sehingga tidak dapat menikmati listrik.

Oleh sebab itu, motivasi utamanya dalam menciptakan DC House adalah menciptakan listrik untuk orang orang di pedesaaan atau di pulau pulau terpencil, dengan menggunakan energi terbarukan, melalui kebutuhan konsumen kemudian terdistribusi.
Diharapkan DC House yang dikembangkan dpt menjadi solusi bagi desa-desa yang belum terlayani energi.

BACA JUGA:   Paska Penetapan Hendra Cipta, Syarikat Islam Sumut Gelar Konsolidasi Perdana

Kelebihannya, Prof Taufik menciptakan alat yang disebut MISO (Multi Input Single Output) sehingga beberapa sumber listrik baik dari tenaga surya, tenaga angin, tenaga air, bahkan generator dari tenaga manusia (seperti ayunan, jungkat jungkit, timba sumur sepeda statis), dapat dikumpulkan menjadi satu output dan dimaksimalkan.

Lebih lanjut, Prof Taufik pun menawarkan kerjasama dngan Universitas Cokroaminoto Makassar dalam berbagi mengembangkan teknologi listrik DC House.

Menanggapi tawaran dari tersebut, Prof Asdar selaku Rektor, menyambut baik, bahkan beliau berkeinginan menjadikan Fakultas Teknik Elektro menjadi pelopor dalam mengembangkan energi terbarukan terutama gagasan yang dikemukakan oleh Prof Taufik tentang DC House. Fakultas Teknik Elektro diharapkan dapat mengimplementasikan DC House di perdesaan.

BACA JUGA:   Syarikat Islam Jawa Barat mengucapkan Selamat Milad ke-115 Tahun Syarikat Islam

Menurutnya Universitas Cokroaminoto Makassar siap memulai membangun DC House di lingkungan UCM sebagai role model

Hadir pula dalam Kuliah Umum tersebut, Wakil Rektor I, Prof Dr. Baharuddin Mappangaja, Wakil Rektor III Dr. Ida Suryani, Dekan Fak. Teknik Prof. Dr. Ahmad Tola.
Sedangkan dari DPP Syarikat Islam hadir pula Dr. Syafinudin al Mandari, Agustian dan Dr. Jauhari Rogani.
Dari unsur DPW Syarikat Islam, hadir pula Ketua PW Prof. Dr. Tahir Kasnawi, Dr. Ir. Andi Laksmiwati, dan Munawar, MA.

Semoga kerjasama Cal Poly University USA dan Universitas Cokroaminoto Makassar dapat segera terwujud.
Aamiin.

Aulia Tahkim Tjokroaminoto

sumber: facebook @syarikat.islam.125

News Feed