by

Arief Hidayat Kembali Terpilih Jadi Ketua MK

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Arief Hidayat akhirnya terpilih kembali menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2017-2020. Selama Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) selama 3 jam Arief terpilih secara aklamasi.

“Akhirnya berdasarkan keputusan 9 hakim MK, sepakat memperpanjang kepemimpinan saya, Arief Hidayat sampai habis masa jabatan sebagai Ketua MK dan juga habisnya keanggotaan saya sebagai hakim konstitusi,” ujar Arief Hidayat di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/7).

Dalam RPH, 9 hakim MK memulai rapat dengan penyampaian aturan main dan mekanisme pemilihan Ketua MK merujuk Peraturan MK Nomor 1 Tahun 2013 tentang Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MK. Hanya saja, saat ini yang dilakukan pemilihan adalah Ketua MK.

BACA JUGA:   Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta Meluluskan Doktor ke Tujuh

“Proses pemilihan ketua MK yang dilakukan di RPH dimulai pukul 8.00 WIB berakhir baru saja prosesnya dimulai dari penyampaian aturan main pemilihan ketua karena yang habis masa jabatan ketua,” terangnya.

Pemilihan Ketua MK (Foto: Ferio Pristiawan/kumparan)

Setelah itu, dalam RPH juga 9 hakim MK melakukan diskusi untuk evaluasi, saran, kritik untuk perbaikan MK ke depan. Sehingga, siapapun yang terpilih nanti akan mengemban semua masukan 9 hakim MK dalam RPH.

“Musyawarah mufakat berjalan secara luar biasa dan tidak mengurangi independen imparsialitas hakim menyampaikan pendapat kritik saran segala sesuatu yang berkaitan dengan masukan kritik saran diperuntukkan bagi siapapun yang terpilih sebagai ketua,” bebernya.

BACA JUGA:   Dr. Hamdan Zoelva, S.H., M.H. menghadiri pelantikan dan serah terima jabatan ketua STKIP BIMA

Arief menjadi Ketua MK menggantikan Hamdan Zoelva yang masa jabatannya berakhir sejak 7 Januari 2015. Arief sendiri telah menjabat sebagai hakim konstitusi sejak 2013.

Kini Arief, bersama kesembilan hakim konstitusi antara lain Anwar Usman, Arief Hidayat, Aswanto, Maria Farida Indrati, Muhammad Alim, Saldi Isra, Waiduddin Adams, I Dewa Gede Palguna, dan Suhartoyo telah siap bersama-sama mengawal perbaikan MK ke depan.

“Usaha perbaikan semuanya sudah disampaikan dan kita akan bersama sama, kita upayakan perbaikan. Mohon doa restunya,” pungkasnya

sumber: kumparan.com


Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

News Feed