by

Ade Komarudin: Pancasila Terbaik bagi Bangsa Indonesia

Print Friendly, PDF & Email

Suara.com – Ketua Umum Dewan pimpinan Nasional Sentra Organisasi Karyawan Swadiri (SOKSI) Ade Komarudin menegaskan, para pendiri bangsa telah menegaskan Pancasila merupakan yang terbaik serta bisa diterima seluruh lapisan masyarakat.

“Para leluhur kita Soekarno, Tjokroaminoto, Agus Salim dan yang lainnya, itu sudah berdebat keras. Dan mereka semua Islam,” kata Ketum Depinas SOKSI Ade Komarudin dalam diskusi “Pancasila, Agama dan Negara” di Jakarta.

Diskusi juga menghadirkan mantan ketua DPR Akbar Tandjung dilanjutkan dengan buka bersama dan taraweh bersama alumni Kahmi.

BACA JUGA:   Sandiaga Sebut 9,7 Juta Orang RI Kini Menganggur

Lebih lanjut Akom menjelaskan, sejak awal memang yang banyak berdebat orang Islam karena mayoritas. Jadi, kata dia, tidak bisa diragukan nuansa Islam mewarnai Pancasila.

Disitulah, tambah Akom, pendapat Bung Karno yang menyatukan semua kepentingan itu bisa diterima semua pihak. Pidato Soekarno pada 1 Juni itu yang menjadi tonggak sejarah bagi terbentuknya bangsa ini.

“Bung Karno bisa dengan tepat merumuskan pada pidato 1 Juni itu,” katanya.

BACA JUGA:   Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Kabah mengucapkan Selamat Milad Syarikat Islam ke-115 Tahun

Sementara Akbar Tandjung menegaskan bahwa Pancasila bisa mengakomodasi semua kepentingan eleman bangsa. “Dan Pancasila itu bisa diterima semua pihak,” imbuhnya.

Dalam momentum seperti sekarang ini, tambah Akbar, yang diperlukan sosialisasi Pancasila agar lebih masif lagi. Menurut dia, Pancasila sudah terbukti menjadi pemersatu bangsa.

“Saat ini momentum yang tepat untuk mensosialisasikan Pancasila ” kata Akbar. (Antara)

sumber: suara.com

News Feed