by

Mukernas Syarikat Islam Rekomendasikan Pembangunan Berbasis Pedesaan

Print Friendly, PDF & Email

Mukernas Syarikat Islam menghasilkan beberapa rekomendasi di antaranya mendorong pemerintah untuk menekankan pertumbuhan ekonomi berbasis pedesaan.
Ketua Panitia Mukernas Syarikat Islam Aulia Tahkim Tjokroaminoto menyampaikan bahwa Mukernas Syarikat Islam menghasilkan rekomendasi di antaranya.

Pertama, Rekomendasi kepada pemerintah untuk menetapkan Tanggal 16 Oktober sebagai Hari Kebangsaan Indonesia. Peserta Mukernas berpendapat bahwa polemik tentang Hari Kebangkitan Nasional setiap 20 Mei yang mengambil momentum berdirinya Boedi Oetomo perlu mendapatkan jalan keluar demi persatuan bangsa.

BACA JUGA:   DPP Syarikat Islam mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Ibu Hj. Rachmawati Soekarnoputri, S.H., M.H.

Kedua, rekomendasi kepada pemerintah untuk menekankan pertumbuhan berbasis pedesaan. Peserta Mukernas berpendapat bahwa kemandirian ekonomi yang dimaksud oleh Syarikat Islam dalam visinya tersebut perlu diwujudkan melalui keberpihakan secara tegas kepada basis terdepan ekonomi bangsa ini, yakni masyarakat yang ada di pedesaan.

Desa sebagai struktur pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan denyut perekonomian rakyat harus menjadi basis pengembangan ekonomi demi tercapainya pemerataan. Segala ikhtiar yang sudah pernah dicanangkan seperti program kredit ringan, lembaga keuangan mikro syariah, koperasi dan sebagainya hendaknya dikuatkan di pedesaan.

BACA JUGA:   Syarikat Islam Siap Kembangkan Industri Halal

sumber: rakyat-merdeka.com

News Feed