by

Wagub Harap SI Jadi Mitra Pembangunan Pemprov Sumsel

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

KORDANEWS – Wakil Gubernur H Ishak Mekki menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Sumatera Selatan (DPW SI Sumsel), di Graha Bina Praja, Senin (15/05).

Dalam pelantikan tersebut Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Syarikat Islam (DPP SI) Hamdan Zoelva melantik secara resmi Dewan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Sumatera Selatan (DPW SI Sumsel), Sudirman D. Hurry untuk masa jihad 2016 – 2021.

Kegiatan ini pun dihadiri Pembina SI Sumsel Susno Duaji, Ketua Pengadilan Tinggi Sumsel, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel.

Dalam sambutannya, Hamdan Zoelva Ketua Umum DPP SI mengatakan, sejak Kongres SI ke-40 di bandung pada akhir 2015 bertekad sebagai kebangkitan SI.

“SI merupakan organisasi yang sangat ditakuti oleh pemerintah Belanda dan melahirkan tokoh-tokoh nasional. SI yang mencentuskan pertama kali kemerdekaan RI,” jelasnya.

Lanjutnya, kebesaran dan kejayaan organisasi ini telah lama redup terutama 30 tahun terakhir ini. Aset-aset SI di seluruh Indonesia terbengkalai diambil oleh pemerintah oleh karenanya Ia akan membangkitkan kembali SI.

“Saya bukan anak genetis dari SI tapi saya mempelajari nilai-nilai SI maka saya menjadi anak ideologis SI. Pancasila kalau dipelajari maka mengambil nilai-nilai dari SI,” terangnya.

BACA JUGA:   Undangan Tasyakkur Milad ke-115 Tahun Syarikat Islam

Ditambahkannya, untuk kebangkitan SI membuat 4 program pokok yakni Konsolidasi Organisasi, Kebangkitan Ekonomi, Politik, Pendidikan. Ia menegaskan tidak menjadikan SI sebagai partai politik dan menciptakan politikus untuk semua partai politik.

Sementara itu Ketua DPW SI sumsel, Sudirman D. Hurry mengucapkan terima kasih kepada DPP SI yang telah melantik kepengurusan DPW SI Sumsel.

“SI organisasi pergerakan yang lahir tahun 1905 jauh sebelum kemerdekaan yang dilahirkan oleh KH Samahudi, HOS Cokroaminoto, Agus Salim. Dalam kongres 2016 lalu sudah dilahirkan catur program yang akan dilaksanakan dan menjadi pedoman pengurus SI,” katanya.

Sudirman berharap SI memberikan manfaat bagi masyarakat dengan berkoordinasi dengan Pemprov Sumsel dan Pemda kabupaten/kota di Sumsel.

“Muswil SI Sumsel telah lama dilakukan tetapi mengapa baru dilantik, hal ini katena sebagai oengurus saat berada diluar sumsel baru saat ini baru mengabdi di Sumsel dan membentuk kepengurusan. Mudah mudahan SI tetap berkiblat di Sumsel dan kami tetap amanah,” jelasnya.

BACA JUGA:   Syarikat Islam Jawa Barat mengucapkan Selamat Milad ke-115 Tahun Syarikat Islam

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki mengucapkan terima kasih dan selamat kepada pengurus yang resmi dilantik. Dikatakannya Pemerintah Provinsi Sumsel menyambut baik hadir kembali SI di Sumsel. Sumsel akhir-akhir ini memang banyak hadir organisasi-organisasi baru.

“Pemprov Sumsel selalu mendorong kegiatan apapun yang bersifat positif, dengan harapan organisasi-organisasi yang ada dapat bersatu padu untuk menjaga Sumsel selalu kondusif,” katanya

” Mudah-mudahan SI menjadi mitra Pemprov Sumsel untuk mewujudkan pembangunan baik dibidang keagamaan maupun dibidang lainya untuk pembangunan Sumsel yang jauh lebih baik,” tuturnya

Kemudian dijelaskan Ishak pula bahwa Sumsel selama ini terkenal baik itu ditingkat nasional maupun internasional. Seperti tidak adanya pertikaian antar agama, suku dan ras di Sumsel dan hal inilah juga  salah satu faktor terpilihnya Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

“Untuk itu nggota yang ada di SI dapat mengembangkan yang dapat disinergikan bersama-sama, agar kiranya potensi yang besar dapat tumbuh dan dapat menopang pembangunan di Sumsel,” tutupnya.

Editor: Janu
sumber: kordanews.com

News Feed