by

SIAP: “SELAYANG PANDANG 9 APRIL”

Print Friendly, PDF & Email

“SELAYANG PANDANG 9 APRIL ”

Jauh sebelum Negara Indonesia merdeka, kaum Syartikat Islam telah mendirikan kepanduan SIAP singkatan Syarikat Islam Angkatan Pandu yaitu tgl. “9 April 1927” di kota Mataram Yogjakarta, sebagai alat perjuangan untuk mendidik anak-anak dan pemuda dengan metoda Kepanduan. Sebagaimana perjalanan sejarah Kepanduan di Indonesia pada masa penjajahan Jepang dalam keadaan udzur artinya diam tidak ada pembinaan kepada anggotanya. Baru pada sekitar tahun 1950-an aktif kembali dengan diterbitkannya “ Peraturan Permainan Pandu SIAP “yang ditulis oleh Sdr.Kosim ( alm ) dari kota Banjarnegara jawa tengah.


@#Kehendak sejarah Kepanduan yang didorong oleh kebijaksanaan politik Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno, sekitar 60 organisasi Kepanduan di Indonesia bergabung dan melebur diri kedalam organisasi Pendidikan Gerakan Pramuka, yang dikukuhkan dengan Kepres no.238 tahun 1961 yang ditanda tangani oleh Ir.Djuanda.Dalam Kepres 238 tahun 1961 beserta lampirannya yang berupa Anggaran Dasar organisasi Gerakan Pramuka telah memenuhi aspirasi Gerakan Kepaduan di Indonesia, dimana sejak mulai aktifnya kembali gerakan kepanduan setelah mengalami masa gelap, dimana pada perode tahun 1942 – 1945 dilarang adanya oleh Pemerintah penjajahan Jepang. Keinginan bersatu diantara organisasi-organisasi Kepanduan sangat kuat. ( contoh dengan berdirinya Pandu Rakyat dan IPINDO walaupun bentuknya federasi ).
##Lahirnya Undang-Undang no.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, bagi kaum Syarikat Islam ada kewajiban untuk mengaktifkan kembali Kepanduan Siap, karena didalam usia Gerakan Pramuka ke 49, terlalu banyak pergeseran dalam proses pembinaan memandu yang cukup menjauhkan sasaran dan tujuan kaum Syarikat Islam didalam mewujudkan MASYARAKAT ISLAM yang berdasarkan Qur’an dan Sunnah yang nyata. Maka pada tgl.25 Juni 2011 Dpp Syarikat Islam, membentuk Kepengurusan Kwartir Besar Pandu Siap , yang ditanda tangani oleh Sdr.Rahardjo Tjakraningrat selaku Ketum LT.SI dan Sdr. DRs. Ade Dahlan selaku Sekjen LT.SI.; Ini bisa terrealisir atas usaha gigih dari Sdr. Barna Somantri selaku Ketua Bidang Organisasi.


@ hari ini 9 april 2017 ( 9 april 1927 – 9 april 2017)
gerakan kita sudah mulai bangkit dengan kesadaran dan bantuan dari semua pihak akan pentingnya gerakan organisasi generasi muda khususnya di internal kaum Syariakt Islam ( khususnya jajaran LT)
kemarin kita baru melaksanakan KMD tingkat nasional bertempat di komplek PUSDIKLATNAS cibubur ,19 – 24 februari 2017 .


hasil kegiatan ini kita mendapat kan 2 wilayah baru untuk persiapan pembentukan yaitu wilayah menado untuk kak SABRINA LAMATO dan wilayah Gorontalo untuk kak ISKANDAR M. IBRAHIM. ,- ANDRIANTO PANEO. ,-FERLA LAPANANDA

News Feed