by

SI Luncurkan Zakat Berbasis Aplikasi

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

PROKAL.COBALIKPAPAN  –   Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Syarikat Islam (DPC SI) Kota Balikpapan resmi dilantik, di Hotel Platinum, Sabtu (25/3). Ketua DPC SI Abdulloh SSos bersama jajaran pengurus dilantik oleh Ketua DPD SI Kaltim Hj Rita Widyasari yang tak lain Bupati Kukar.

Di sela pelantikan kepengurusan DPC SI Balikpapan masa jihad 2016-2021, ada paparan progran kerja SI yang disampaikan oleh pengurus pusat SI, Ir H Basri Masse dan Hj Ana Mustamin.  Salah satunya pengelolaan zakat, infaq dan sadaqah dari umat Islam. SI sedang  melaksanakan program Indonesia Berzakat melalui Lembaga Amal Zakat (LAZ). Untuk memudahkan umat Islam membayar zakat  serta menyalurkan sedekah, SI meluncurkan zakat berbasis aplikasi melalui android, salah satunya berzakat dan beramal cara mudah hanya dengan memotong pulsa.

Melalui aplikasi tersebut, para pembayar zakat dan penyalur sedekah juga bisa mengetahui ke mana zakat dan sedekahnya disalurkan. “Jadi pengelolaan zakat tidak secara konvensional. Kami lakukan secara profesional berbasis aplikasi yang amanah dan transparan,” ujar Ana Mustamin di hadapan sekitar 1.000 orang termasuk Hj Rita Widyasari, Abdulloh S Sos, para pemuka agama, tokoh masyarakat, pengurus SI dan undangan lainnya.

BACA JUGA:   Tasyakkur Milad ke-115 Syarikat Islam melalui virtual pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 pukul 19.00 WIB

Dia mencontohkan, apabila pemberi sedekah membiayai seorang anak asuh, maka sang dermawan bisa tahu perkembangan anak asuhnya. Bahkan, ketika sang anak asuh lulus sekolah, dermawan yang bersangkutan akan diundang saat penyerahan raport atau wisuda.

Program lainnya, adalah memberikan bea siswa bagi santri yang berprestasi yakni Go To Harvard, kuliah S2 sampai ke Harvard, Amerika Serikat, program kuliah S2 bagi para ustaz agar dalam memberikan ceramah lebih luas wawasannya, program pembangunan 1.000 masjid, pemberian sedekah produktif bagi kalangan tak mampu, dan lainnya.

Lebih jauh, wanita pakar manajemen keuangan ini mengungkapkan, potensi zakat dan amal umat Islam dalam setahun mencapai Rp 217 triliun atau setara 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sayangnya, potensi tersebut baru terealisasi sekitar 10 persen atau Rp 217 miliar setahun.

“Penyebabnya adalah pengelolaan zakat, infaq  dan sadaqah yang masih konvensional dan tidak transparan dalam pengelolaannya sehingga menjadi kendala dan susah untuk menghimpun. Saat ini, dibutuhkan manajemen profesional dalam pengelolaannya. Kami, SI sedang melakukan pengelolaan zakat, infaq dan sadaqah secara profesional,” tegasnya.

Terkait pelantikan DPC SI Kota Balikpapan, Ana Mustamin yakin bahwa akan maju pesat karena dipimpin tokoh besar seperti Abdulloh yang juga Ketua DPRD Balikpapan. “SI di Kaltim, saya juga yakin akan maju pesat karena dipimpin tokoh besar Ibu Rita Widyasari. Memang SI saat ini sedang bergairah dan mau setelah dipimpin Pak Hamdan Zoelva (Mantan Ketua MK). Mari sama-sama membesarkan SI,” ujarnya.

BACA JUGA:   Manaf: Kader Syarikat Islam Bitung Sambut Baik Poros Ketiga

Untuk diketahui lagi, organisasi sosial keagamaan yang berbasis pemberdayaan ekonomi umat Islam dan dakwah, Syarikat Islam (SI) merupakan organisasi yang besar dan bersejarah, ikut berpartispasi aktif dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia bersama tokoh pejuang besar seperti H Samanhudi, HOS Tjokro Aminoto, H Agus Salim, AM Sangadji, Abdul Muis dan lainnya.

Namun, SI sempat mati suri selama 8 tahun termasuk di Balikpapan. Sejak SI dipimpin mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) DR H Hamdan Zoelva SH MH, 2 Mei 2016, SI mulai menggeliat lagi.?Di Balikpapan, dalam musyawarah Dewan Pimpinan Cabang Balilpapan ke-7 yang digelar di Hotel Platinum, Sabtu (17/12) lalu, SI Balikpapan mendapat kejutan. Seperti halnya pucuk pimpinan pusat SI dipegang tokoh besar Hamdan Zoelva, SI Balikpapan juga dipegang tokoh besar Kota Beriman, H Abdulloh SSos yang terpilih secara aklamasi.  (ono)

sumber: prokal.co

News Feed