by

Hamdan Zoelva: Umat Islam Harus Kuasai Ekonomi

Print Friendly, PDF & Email

Umat Islam dinilai perlu membangun kemampuan ekonomi jika ingin dapat menguasai perpolitikan. Pasalnya, kemampuan ekonomi selalu menjadi pengendali politik.

“Di mana pun negeri yang melaksanakan demokrasi maka kekuatan ekonomi yang menentukan,” ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva dalam Acara Tabligh Akbar Politik Islam bertajuk “Memilih Pemimpin Muslim” di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (15/1).

Hamdan menilai, kondisi perpolitikan saat ini lebih banyak dikuasai oleh para pemilik modal. Sebab, lanjut dia, mereka memiliki kekuatan untuk mengendalikan politik lewat kemampuan ekonomi.

“Di balik kekuasan politik itu ada yang mengendalikannya yaitu para pemilik modal,” ucap Hamdan yang saat ini juga menjabat Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam.

BACA JUGA:   Bukan Cuma Anies, Polisi Juga Bakal Panggil Ridwan Kamil Buntut Kerumunan Massa Habib Rizieq

Untuk itu, kata Hamdan, umat Islam memerlukan kekuatan ekonomi agar tidak selalu mengekor pada setiap kebijakan politik yang dibuat. Menurut dia, kesadaran itu harus mulai dibangun umat muslim mulai saat ini.

“Kita harus membangun ekonomi. Dalam pandangan saya ketika kita menguasai ekonomi maka otomatis kita menguasai politik,” tutur Hamdan.

Para jamaah laki-laki dalam Masjid Al-Azhar. (Foto: Wandha Nur/kumparan)

Acara Tabligh Akbar Politik Islam bertajuk “Memilih Pemimpin Muslim” dihadiri oleh berbagai tokoh. Mereka yakni calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, politikus Partai Amanat Nasional Amien Rais, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, dan calon wakil gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni.

Direncanakan ada delapan pembicara yang akan mengisi ceramah, yakni Ketua GNPF-MUI Bachtiar Nasir, Sekretaris Jenderal GNPF-MUI Al Khaththath, Wakil Sekretaris Jenderal MUI Tengku Zulkarnain.

BACA JUGA:   Pakar Hukum Menilai Sang Imam Besar FPI Tidak Bisa Dijerat Dengan Sanksi Pidana Meskipun Agenda Yang Digelarnya Menimbulkan Kerumunan Yang Meresahkan Kala Pandemi COVID-19

Kemudian, Amien Rais, Hamdan Zoelva, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono. Ada pula Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun hingga saat ini, Prabowo dan Agus belum tampak di lokasi.

Para jamaah memadati halaman masjid. (Foto: Fahrian Saleh/kumparan)

Acara ini mengundang banyak warga di wilayah DKI Jakarta. Massa membeludak memenuhi lokasi. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun juga ikut serta di acara ini.

Mereka datang menggunakan baju dan peci serba putih. Ada pula di antara mereka yang hadir dengan berbalut sorban.

Mereka berbondong-bondong memenuhi aula masjid itu, baik di lantai 1 maupun 2 untuk salat subuh berjamaah. Salat subuh itu diimami oleh Bachtiar Nasir. Saking penuhnya, massa sampai harus salat subuh di pelataran masjid.

sumber: kumparan.com

News Feed