by

Kerukunan Beragama, Syarikat Islam Kutim Jaga Ibadah Natal Dua Gereja

Print Friendly, PDF & Email

KLIKSANGATTA.COM – Sebagai wujud kerukunan umat beragama, Perisai Syarikat Islam (SI) Kutai Timur (Kutim) ikut membantu pengamanan malam misa Natal dan Tahun Baru 2017.

Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2016 yang digelar Polisi Resor (Polres) Kutim di halaman Polsek Sangatta Utara, Sabtu, 24 Desember 2016, pengurus Perisai SI, berbaur dengan aparat  Kepolisian, TNI dan pihak keamanan lainnya, yang sedang melakukan persiapan dan pendataan anggota pengamanan.

“Kita data anggota yang akan ikut dalam pengawalan dan pengamanan malam Natal dan Tahun Baru. Kita ingin buktikan bahwa di Kutai Timur ini juga, kami sebagai umat beragama saling menghormati dan menjaga keharmonisan dan kerukunan umat beragama,” ujar Imam Nawawi, Ketua Perisai SI Kutai Timur.

BACA JUGA:   Jelang Muktamar, Pengurus PPP Kunjungi Kantor Syarikat Islam untuk Minta Masukan

Dijelaskan Imam, penjagaan Perisai SI pada malam misa Natal dan Tahun Baru yang merupakan kali pertama di Kutim itu menyiapkan sedikitnya 15 jumlah anggota.

Kelimabelas anggota tersebut, menurut Imam, disebar di dua Gereja di kota Sangatta yakni, Katolik Center jalan Sukarno Hatta, dan Gereja Santa Theresia yang berada di sebelah GOR Swarga Bara.

Menurut Imam, keterlibatan Serikat SI Kutim dalam pengawalan malam misa Natal, tidak terlepas dari hukum umat beragama yakni menjaga hubungan dengan Tuhan sekaligus hubungan antar sesama manusia.

BACA JUGA:   Ketua Pimpinan Syarikat Islam Desak Jokowi Usir Dubes Prancis dari Indonesia

Selain itu, kata dia, SI ikut menjaga kondisi dan situasi kondusif merupakan bagian dari keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang wajib dipertahankan secara bersama.

“Dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, kerukunan umat beragama patut kita jaga bersama,” katanya.

Terpisah, Kapolres Kutai Timur AKBP Rino Eko Cahyaning Bawono Subagyo Putro mengapresiasi keterlibatan Perisai SI dalam pengawalan dan penjagaan malam misa Natal dan Tahun Baru tersebut.

“Bagus sekali, kita memang berharap ormas dan pihak terkait ikut membantu dalam pengamanan malam Natal dan Tahun Baru ini. Keberadaan Perisai SI ini patut kita apresiasi,” tandasnya. (*)

IMRAN R SAHARA

sumber: kliksangatta.com

News Feed