by

Pengurus Syarikat Islam Riau dan Cabang Dilantik

Print Friendly, PDF & Email

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Ketua Syarikat Islam Pusat, DR.H.Hamdan Zoelva.SH.MH melantik Pengurus Dewan Wilayah dan Dewan Cabang Kabupaten/Kota  Syarikat Islam Provinsi Riau, masa jihad 2016-2021, bertempat di balai Pauh janggi komplek kediaman gubernur Riau Jalan Diponegoro, Selasa (13/12/2016).

Pelantikan mengusung tema” Membangun Perekonomian Rakyat Dalam menuju Masyarakat Madani” ini, dilantik Alkhairi Yakub SAg sebagai ketua SI Provinsi Riau, sementara ketua cabang Kabupaten INHU dijabat H.Suhardi.SE.,MM, ketua Cabang Kabupaten Kampar dijabat Habiburakhman.Sag dan ketua Cabang Pekanbaru Ridwan.Msy.

Dalam prosesi pelantikan ini dihadiri oleh Asisten I Gubernur Riau Ahmadsyah Harrofie, serangkaian prosesi pelantikan di awali dengan beberapa persembahan kalaborasi talempong Kabupaten Kampar serta persembahan Seni Bela diri Pencak silat.

Syarikat Islam merupakan Ormas Islam yang telah ada sejak zaman perjuangan kemerdekaan NKRI yang di ketuai oleh Hos Cokroaminoto pada 1911 adapun SI sebetulnya telah ada sejak tahun 1905.

BACA JUGA:   Sebut Macron Anti-Islam, SI Ajak Boikot Produk Prancis

Di dirikan oleh H.Saman Hudi bersama Hos Cokroaminoto telah turut aktif melakukan pergerakan dan perjuangan dengan ormas ormas dan organisasi lainnya pada masa itu bergerak dalam bidang membangun perekonomian cikal bakal lahirnya SI yaitu dari perkumpulan para Pedagang Muslim pada masa itu terbentuklah SI.

Periode saat ini SI diketuai oleh DR.H.Hamdan Zoelva.SH.,MH yang pernah menjabat sebagai ketua mahkamah konstitusi semasa Presiden SBY. Melanjutkan dan membangkitkan kembali SI kembali ke cita cita awalnya DR.H.Hamdan Zoeva .SH.MH kembali bergerak membawa SI bidang sektor ekonomi.

Karena salah satu permasalahan kelemahan yang di hadapi umat islam, kekalahan umat ini di sektor ekonomi hal sesuai dengan hadist Rasulullah Muhammad SAW mengatakan” kefakiran itu mendekatkan ke kafiran” maka ekonomi umat ini segera harus kita waspadai dan kita jaga jangan sampai kefakiran ini di manfaatkan musuh musuh islam yang tdk ingin islam ini bangkit seperti pada masa masa kejayaannya.

BACA JUGA:   Milad ke-115, Pergerakan Syarikat Islam Menuju Masyarakat 5.0

Dalam pandangan SI ekonomi Basis umat untuk kebangkitan di perlukan penguatan di sektor Ekonomi umat, dalam Penelitian th 1999 dengan judul’ Pergerakan Politik Syarikat Islam” SI adalah Pelopor Utama Kebangkitan Nasional di Indonesia sebenarnya sejak tahun 1905 ujar Azmi.T.Sag.

Hal ini beliau langsung yang melakukan penelitian dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi, saat ini beliau di SI Wilayah Riau menjabat bidang Pemberdayaan Ekonomi.***(Heri)

sumber: segmennews.com

News Feed