by

Syarikat Islam Jadikan Usia 111 Tahun Momentum Penyegaran Diri

Print Friendly, PDF & Email

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — 16 Oktober 2016 menjadi momentum istimewa bagi organisasi tertua di Indonesia, Syarikat Islam. Pasalnya, organisasi yang awalnya bernama Syarikat Dagang Islam ini resmi memasuki usia 111 tahun.

Ketua Umum Syarikat Islam (SI), Hamdan Zoelva, menilai organisasi yang mengawali langkah sebagai pergerakan ini terus mengalami penurunan, sejak masa kejayaan sebelum kemerdekaan.

Maka itu, usia 111 tahun akan dijadikan segenap elemen yang ada untuk mengembalikan, serta membangun kembali kejayaan dari Syarikat Islam. “Saatnya Syarikat Islam melakukan penyegaran diri,” kata Hamdan kepada Republika, Senin (17/10).

BACA JUGA:   Jelang Muktamar, Pengurus PPP Kunjungi Kantor Syarikat Islam untuk Minta Masukan

Ia menerangkan, usia 111 tahun tentu membuat organisasi Syarikat Islam memulai langkah baru sebagai organisasi yang sangat dewasa. Karenanya, pengalaman ratusan tahun yang cukup panjang selama ini, harus dijadikan momentum melakukan evaluasi, dan menyusun ulang strategi pergerakan dari Syarikat Islam.

Tentu, lanjut Hamdan, evaluasi dan strategi Syarikat Islam akan disesuaikan dengan kondisi dan situasi bangsa Indonesia saat ini. Namun, ia menegaskan kalau Syarikat Islam akan tetap menanamkan dua nilai yang ada sejak awal berdiri, yaitu untuk kebangkitan Indonesia serta terlaksananya ajaran Islam sepenuhnya dan seluasnya.

BACA JUGA:   Pimpinan Syarikat Islam Minta Jokowi Usir Dubes Perancis

Terkait situasi dan kondisi sekarang, ia merasa umat Islam di Indonesia masih menghadapi masalah yang sama yaitu terpinggirkan. Menurut Hamdan, itulah yang akan menjadi fokus pergerakan Syarikat Islam di masa yang akan datang, setidaknya membangun kekuatan ekonomi dan politik umat Islam di Indonesia.

sumber: republika.co.id

News Feed