by

Hamdan: Ayo Kita Kembalikan Kejayaan Daerah Bima

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Kabupaten Bima, Kahaba. Menurut mantan Ketua MK Hamdan Zoelva, dilihat dari usia Bima memiliki sejarah hidup yang sangat panjang. Bahkan dulu, saat zaman Portugis, Bima begitu jaya dengan dikenal luas, karena memiliki pusat perdagangan.

Hamdan Zoelva. Foto: Bin

Hamdan Zoelva. Foto: Bin

“Bima dulu merupakan pusat perdagangan, yang menghubungkan antara timur dan barat. Pelabuhan Bima sangat terkenal sejak zaman Portugis. Ayo kita kembalikan kejayaan Bima sebagai daerah pusat pembangunan Indonesia timur bagian selatan,” ajaknya.

Hamdan yang diwawancarai Kahaba saat Upacara HUT Bima ke 376, Kamis (21/7) mengatakan, dari sejarahnya Bima merupakan daerah transit, melalui perdagangan dan pelabuhan menghubungkan wilayah yang satu dengan yang lain.

BACA JUGA:   29 September 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH

Daerah ini pun memiliki potensi yang luar biasa. Potensi tersebut seyogyanya menjadi modal kuat untuk mengembalikan kejayaan Bima seperti dulu. Tinggal seluruh komponen yang ada bekerja keras, kemudian menjaga perdamaian serta keutuhan antara yang satu dengan lainnya.

“Ini penting saya sampaikan, dan kita warga Bima sangat mungkin bisa melakukan dan mengembalikan kejayaan Bima seperti dulu. Jadi, melalui kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat Bima, mari bergerak bersama membangun Bima,” ujarnya.

Putera asli Bima itu juga mengungkapkan, Bima termasuk daerah yang memiliki budaya yang spesifik. Dinamika masyarakatnya juga sangat luar biasa dan menunjukan kepribadian yang progresif. Namun, ia menilai progesifitas masyarakat Bima cenderung tidak diarahkan untuk melakukan hal – hal yang membangun.

BACA JUGA:   Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta Meluluskan Doktor ke Tujuh

“Kita memiliki potensi dan kemampuan, jadi kita harus mempergunakan progesifitas ini untuk mempercepat pembangunan daerah, bukan untuk ribut antara yang satu dengan yang lainnya,” sarannya.

Karena Bima beberapa tahun terakhir dikenal dengan daerah yang rawan dengan keamanan. Maka, dirinya  mengajak rakyat Bima untuk sama sama menjaga kedamaian. Karena suasana damai dan  kebersamaan, bisa memberikan efek positif membangun daerah. Suasana ribut terus, sangat tidak menguntungkan.

“Jadi, inilah waktunya. Usia Bima sudah sangat panjang. Mari kita bersatu padu membangun kembali daerah Bima yang dulu pernah memiliiki kejayaan,” katanya.

sumber: kahaba.net


Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

News Feed