by

Organisasi Islam selain NU & Muhammadiyah yang pernah eksis

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Merdeka.com – Pernahkah kamu mendengar tentang organisasi Islam? Banyak organisasi Islam yang pernah ada di Indonesia. Selain Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama, masih banyak organisasi lain loh. Misalnya saja organisasi Persatuan Tarbiyah Islamiyah. Organisasi ini dibuat oleh para ulama Sumatera Barat yang nggak setuju dengan Thawalib yaitu Syekh Sulaiman ar Rasuly. Thawalib adalah sebuah organisasi yang sudah lebih dahulu ada. Organisasi ini bergerak di bidang pendidikan dengan cara mendirikan madrasah.

Selain itu, mereka juga punya sebuah majalah yang digunakan sebagai sarana untuk menyalurkan ide-ide untuk kemajuan seperti Suara Tarbiyatul Islamiyah atau SUARTI, Al Mizan dan Perti Bulanan. Setelah Indonesia merdeka, organisasi ini berubah nama menjadi Partai Tarbiyatul Islamiyah atau PERTI. Ada juga organisasi lain berjalan bersama dengan PERTI, seperti Persatuan Muslim Tapanuli atau PMT. Organisasi PMT ini didirikan oleh Syekh Musthafa Purba di tahun 1930.

BACA JUGA:   SMK Cendikia Mengadakan Pembekalan Dan Pelepasan Prakerin Kelas XI

Selain dua organisasi itu, ada juga sebuah organisasi yang bernama Persatuan Islam atau PERSIS di Bandung. Organisasi ini muncul sebagai sebuah reaksi dari pembatasan pergerakan Jamiyatul Khair di tahun 1923. Organisasi PERSIS ini dibentuk oleh Kiai Hasan. Organisasi ini bertujuan untuk bisa meningkatkan kesadaran beragama dan semangat menyebarkan Islam dengan melakukan dakwah dan pemilihan kader dalam sekolah-sekolah Islam.

BACA JUGA:   Kaum Kiri, Ulama, Umat Islam: Akhir Peristiwa Tiga Daerah

Di Kalimantan Selatan ada juga sebuah organisasi Islam lainnya. Organisasi ini adalah sebuah organisasi lanjutan dari Sarekat Islam. Usaha Sarekat Islam yang dilakukan di bidang pendidikan dilanjutkandengan mendirikan sebuah madrasah Daru Salam. Madrasah ini juga difasilitasi dengan asrama dan sawah untuk kehidupan para santrinya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang beberapa organisasi Islam yang pernah ada di Indonesia pada masa penjajahan. [iwe]

sumber: merdeka.com

News Feed