by

Hamdan Zoelva Yakin Hukum Islam Akan Jadi Hukum Nasional

Print Friendly, PDF & Email

abadikini.com, JAKARTA – Pemikiran brilian mantan Hakim Agung almarhum Rifyal Ka’bah yang tertuang dalam bukunya “Penegakan Syariat Islam di Indonesia”, kini banyak yang menjadi bagian hukum positif di tanah air. Baik itu yang terkait ekonomi maupun sejumlah bidang lainnya.

Menurut Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) 2013-2015 Hamdan Zoelva, kenyataan tersebut membuatnya semakin yakin syariat Islam suatu saat akan ditegakkan di Indonesia. “Jadi nanti orang tidak lagi membedakan hukum Islam dan barat, tapi hukum di Indonesia itu banyak dipenguruhi hukum dan syariat Islam,” kata Hamdan pada acara bedah buku “Penegakan Syariat Islam di Indonesia” yang digelar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Sabtu (18/6/2016).

BACA JUGA:   MA Mulai Adili KBN Vs KCN terkait Pengelolaan Pelabuhan Marunda

SONY DSC

Hamdan mengemukakan keyakinannya karena melihat pemikiran Rifyal yang tertuang dalam buku tersebut juga tidak bertentangan dengan Pancasila dan hak azasi manusia (HAM). Bahkan memperkuat nilai-nilai yang telah ada.

“Saya pinjam istilah guru besar Gadjah Mada, hukum Indonesia itu hukum hybrida. Artinya, hukum gabungan dari nilai-nilai yang terkandung dalam hukum adat, barat dan Islam. Dari ketiga nilai hukum ini, yang berperan dan berkembang terakhir nilai-nilai hukum Islam,” jelas Hamdan.

BACA JUGA:   15 langkah magnet brand dimata hamdan zoelva

Hamdan optimistis, dengan maraknya kajian-kajian, maka pengaruh hukum Islam akan semakin besar di Indonesia. Dan pada akhirnya hukum Islam akan menjadi hukum nasional.(asep.ak)

sumber: abadikini.com

News Feed