by

Hamdan Zoelva: Umat Islam Harus Kuasai Media dan Ekonomi Nasional

Print Friendly, PDF & Email

Jakarta, Aktual.com — Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahdan Zoelva umat Islam perlu menguasai media massa dan ekonomi nasional untuk dapat memenangkan pertaruan politik. Pandangan ini disampaikan oleh Hamdan saat menghadiri acara Rapat Pleno VIII Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kantor MUI Pusat, Jakarta, Rabu (18/5).

“Politik sekarang cenderung tumbuh secara pragmatis dan dipengaruhi dua kekuatan besar, yaitu ekonomi dan media. Di dua sisi itu umat tidak mempunyai kekuatan yang cukup. Setelah calon atau partai bersangkutan melenggang, umat Islam dilupakan dan kebijakan untuk umat tersingkir atau kalah dengan kepentingan pemodal yang memiliki ekonomi dan media. Ini masalah besar,” kata dia.

BACA JUGA:   115 Tahun Pergerakan SYARIKAT ISALAM menuju Masyarakat 5.0

Hamdan menyerukan agar umat Islam bangkit dan segera memperkuat posisi di media dan ekonomi nasional.

“Gerakan ekonomi sangat penting sehingga dalam pertarungan politik di era demokrasi yang bebas ini bisa menang. Kemampuan ekonomi dan modal ini sangat penting dalam persaingan pemilu yang cenderung melakukan praktik pertarungan bebas,” katanya.

Sebelumnya Ketua Dewan Pertimbangan MUI Di Syamsuddin menilai era demokrasi yang dianut Indonesia tidak banyak menguntungkan umat Islam. Padalah umat Islam mayoritas di negara ini. Umat cenderung hanya dimanfaatkan oleh kelompok tertentu dalam percaturan politik.

BACA JUGA:   PPP Silahturahmi ke Syarikat Islam

sumber: aktual.com

News Feed