by

Perbedaan Seakan Dipertajam, Umat Diminta Jaga Kemajemukan

Print Friendly, PDF & Email

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Indonesia memang banyak mengalami masalah-masalah perbedaan. Diperlukan kesadaran semua pihak untuk menjaga kemajemukan.

Ketua Umum Syarikat Islam (SI), Hamdan Zoelva, mengingatkan pentingnya menjaga kemajemukan bagi bangsa sebesar Indonesia, dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, ia menilai saat ini banyak perbedaan yang seakan ditonjolkan, dan hendak memecah persatuan bangsa.

“Sekarang banyak perbedaan yang menonjol, jadi memang harus diutamakan pendekatan kemajemukan,” kata Hamdan, Senin (4/4).

BACA JUGA:   HRS Divonis Rp20 Juta, Hamdan Zoelva: Tidak Memenuhi Rasa Keadilan

Pendekatan kemajemukan, lanjut Hamdan, dapat membangun dan memajukan Indonesia, dengan mempererat hubungan setiap elemen bangsa. Selain itu, ia melihat dengan menjaga kemajemukan dapat menghindari perbedaan-perbedaan, yang belakangan semakin dipertajam.

Hamdan menuturkan dalam Islam saja, ada pihak-pihak yang seakan terus memperuncing keadaan, yang tentunya berbahaya bagi keutuhan umat Islam di Indknesia. Padahal, ia merasa perbedaan di antara manusia memang sesuatu yang sunatullah, dan tidak bisa dihindari.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva Akui PKS Punya Posisi Tersendiri di Hati Umat

Untuk itu, Hamdan menegaskan pentingnya menjaga kemajemukan lewat komunikasi, sebagai usaha merekatkan bangsa Indonesia. Ia menambahkan kalau keindahan kemajemukan harus ditonjolkan, sehingga perbedaan-perbedaan yang ada tidak terlihat menonjol.

sumber: republika.co.id

News Feed