by

Tim Pansel Serahkan Hakim Pengganti Hamdan Zoelva

Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA (Pos Kota) – Tim Pansel (Panitia Seleksi) calon hakim konstitusi telah menyerahkan dua nama kepada Presiden Joko Widodo. Kedua nama itu, I Dewa Gede Palguna dan Yuliandri. Di antara kedua nama itu yang akan menggantikan hakim MK Hamdan Zoelva.

“Kami telah memutuskan dua nama untuk dipilih presiden,” demikian disampaikan Ketua Tim Pansel hakim konstitusi Saldi Isra dalam keterangannya, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (5/1).

Saldi bersama anggota tim Pansel di antaranya, Todung Mulya Lubis dan lainnya menemui Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin siang, pk. 13:00 WIB, satu jam kemudian, Saldi  menjelaskan tentang dua nama calon hakim yang telah diserahkan kepada presiden.

BACA JUGA:   Arbitrase Syariah Jadi Pilihan Penyelesaian Sengketa

Sebelumnya, sebanyak lima calon hakim yang  berhak mengikuti proses seleksi tahap dua, atau akhir pada 30 Desember 2014, yakni I Dewa Gede Palguna (Dosen Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Udayana), Imam Anshori Saleh (Komisioner Komisi Yudisial), Yuliandri (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Andalas), Aidul Fitriaciada Azhari (Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta), dan Indra Perwira (Dosen Fakultas Hukum Universitas Padjajaran).

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva: Gugatan PTUN Moeldoko Tidak Berdasar Hukum

Saldi menyatakan pihaknya akhirnya bersepakat bersama tanpa ada perbedaan pendapat untuk mengajukan dua orang, calon hakim konstitusi kepada presiden.

“Nama-nama itu setelah melalui tahapan seleksi, termasuk juga hasil verifikasi KPK, dan PPATK, hasil cek kesehatan dari RSPAD, termasuk masukan masyarakat terhadap integritas dan independensi calon-calon. (Johara/d)

sumber: poskotanews.com

News Feed