by

Hamdan Zoelva: Politisi Bisa Berkontemplasi Melalui Puisi

Print Friendly, PDF & Email

RMOL. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva menjadi satu dari sejumlah tokoh nasional yang membaca puisi di acara Malam Baca Puisi Tokoh-Tokoh Nasional 2015 bertajuk “Di Sini Aku Untuk Indonesiaku.”

Hamdan tidak kesulitan menghayati bait demi bait puisi yang mengangkat nilai-nilai Pancasila di acara yang digelar oleh Kantor Berita Politik RMOL di Gedung Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin (21/12) malam, itu.

“Saya dulu itu biasa baca puisi, jadi sama saja nggak ada yang sulit. Kalau suruh baca (penghayatan) satu jam juga bisa,” kata Zoelva saat ditemui seusai acara.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva: Dulu GBHN untuk Kontrol Presiden, Melanggar Bisa Dipecat

Menurutnya, mendengarkan seseorang membaca puisi adalah suatu kenikmatan tersendiri, karena makna yang terkandung dalam bait-bait puisi membuat seseorang yang mendengarkannya bisa merenungkan tentang kehidupan nyata.

“Puisi itu suatu gambaran hati, idealisme yang sangat luar biasa. Jadi betul di akhir tahun ini (politisi) harus ikut baca puisi untuk berkontemplasi,” papar Zoelva.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva: Putusan MK Mengenai TWK Sudah Final
Sejumlah pejabat negara dan daerah didaulat untuk membacakan puisi di acara ini. Mereka antara lain Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Jafar, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli.

Lalu, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M Massardie, serta pengusaha dan seniman Setiawan Djodi.[dem]

Editor: Ade Mulyana
sumber: rmol.co

News Feed