by

Hamdan Zoelva: Ormas Syarikat Islam Bergerak di Masalah Ekonomi

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Jakarta – Mantan Ketua MK Hamdan Zoelva terpilih menjadi Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI) Indonesia. Dia mengatakan, ormas yang dipimpinnya itu fokus pada permasalahan ekonomi.

“Organisasi Islam begini, Muhammadiyah itu pendidikan dan sosial, NU itu urusan pesantren dan dakwah, nah SI ini fokusnya masalah ekonomi. Ini bedanya dengan ormas Islam yang lain,” kata Hamdan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2015).

BACA JUGA:   Ulama Diminta Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Pada kesempatan ini Hamdan menyampaikan arah pergerakan SI akan membuat berbagai koperasi. Sehingga masyarakat kecil bisa mendapatkan pinjaman lunak.

“Iya, tentu dengan sistem yang SOP sangat ketat. Karena kita sudah punya pengalaman pada masa awal reformasi, ketika rakyat diberi pinjaman lunak dianggap itu sebagai pemberian negara. Jadi sekarang kita buatkan sistem yang sangat ketat bahwa betul-betul untuk mengembangkan usaha dan pertanggungjawabannya jelas, ini sedang kami buat. Tentu akan beraitan dengan kementerian-kementerian negara,” tutur Hamdan.

BACA JUGA:   SYARIKAT ISLAM Kecamatan MADUKARA kegiatan Baksos pembagian sayur mayur kepada masyarakat Dusun Krajan

Dia kemudian menepis anggapan jika pembicaraan dengan Jokowi juga membahas politik praktis. Kedatangan Hamdan kali ini hanya memperkenalkan kepengurusan SI.

“Tadi kan tidak ada pembicaraan itu. Tidak ada pembicaraan itu karena memang hari ini saya sebagai ketua Laznah Tafidjiah SI,” kata Hamdan seraya sedikit tertawa.
(bpn/hri)

sumber: detik.com

News Feed