by

Hamdan Zoelva Apresiasi Struktur Pimpinan Baru KPK

Print Friendly, PDF & Email

RMOL. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva mengapresiasi terpilihnya lima pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Menurut penilaiannya, pimpinan lembga anti rasuah hasil uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR mempunyai kualitas yang setara satu sama lain.

“Saya tidak ikuti seleksinya, tapi satu persatu saya membaca dan meneliti saya melihat (pimpinan KPK baru) koornya sama,” kata Hamdan usai menghadiri acara Malam Baca Puisi Tokoh-tokoh Nasional yang digelar Kantor Berita Politik RMOLdi Galeri Nasional, Jakarta, Senin (21/12) malam.

BACA JUGA:   13 Nopember 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati Kajian Islam Dan Konstitusi bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH

Menurutnya, masing-masing pimpinan baru tidak ada yang menonjol pada masalah penindakan sebagai fungsi KPK, melainkan mengutamakan fungsi pencegahan. Hal ini berbanding terbalik dengan pimpinan periode jilid III sebelumnya.

“Saya sangat setuju dengan upaya pencegahan. Tetapi yang paling penting dalam pemberantasan korupsi bukan saja menghukum orangnya tapi pada bagaimana menyelamatkan uang negara,” jelas Hamdan.

BACA JUGA:   Pakar Berbagai Bidang Segera Launching Lembaga BS Center

Diketahui, pada Senin siang Presiden Joko Widodo memgangkat sumpah lima pimpinan KPK yang baru. Mereka yang terpilih oleh DPR adalah Basaria Panjaitan dari kepolisian, Saut Situmorang dari intelijen, Agus Raharjo dari birokrat, Alex Mawarta dari bidang hukum dan Laode Muhammad Syarief dari akademisi.[dem]

Editor: Ade Mulyana
sumber: rmol.co

News Feed