by

Inilah Para Kandidat Pengganti Rini, Sudirman, Bambang dan Prasetyo

Print Friendly, PDF & Email

NBCIndonesia.com – Prediksi akan adanya reshuffle (perombakan) Kabinet Kerja “jilid kedua” makin mengerucut pada nama-nama mereka yang hampir pasti dicopot.

Informasi berkembang menyebut, Partai Amanat Nasional (PAN), yang baru masuk koalisi pendukung pemerintah pada September lalu, akan mendapat jatah satu kursi menteri.

Beberapa nama yang potensial diganti diantaranya adalah Rini Soemarno (Menteri BUMN), Sudirman Said (Menteri ESDM), Bambang Brodjonegoro (Menteri Keuangan), dan M. Prasetyo (Jaksa Agung).

Tidak hanya itu, nama-nama kandidat pengganti mereka pun kian santer terdengar.

PAN sendiri dikabarkan mendapat jatah kursi Menteri BUMN menggantikan Rini.

BACA JUGA:   Penahanan Ditangguhkan, Jumhur Hidayat Keluar dari Rutan Bareskrim

Nama mantan Bendahara PAN, Wahyu Sakti Trenggono, disebut-sebut mendapat dorongan dari PAN maupun PDI Perjuangan.

Wahyu Sakti Trenggono atau biasa dipanggil Mas Treng bukan orang baru di lingkungan Jokowi. Ia pernah menjadi pimpinan Satgas Khusus Kantor Transisi Jokowi-JK, bekerja dengan putra Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo.

Selain karir bisnisnya yang baik, kedekatannya dengan PAN sekaligus PDIP menjadikan Mas Treng cukup “aman” untuk menggantikan Rini.

Sedangkan kursi Menteri Keuangan akan diduduki Sri Adiningsih, ekonom wanita dari Universitas Gajah Mada, yang cukup dekat dengan Presiden Jokowi dan PDIP.

BACA JUGA:   KKB Papua sebagai Teroris, Hamdan Zoelva: Sudah Tepat

Perempuan asal Solo itu masih menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (sejak Januari 2015).

Kemudian Sudirman Said disebut-sebut akan digantikan oleh mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Raden Sukhyar. Ia berpengalaman lebih dari 30 tahun di sektor sumber daya mineral dan energi.

Terakhir, M Prasetyo. Bekas politisi Partai Nasdem itu dikabarkan bakal digantikan oleh Hamdan Zoelva, Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia periode 2013-2015.(rmol)

sumber: demokrasi.co.id

News Feed