by

Syarikat Islam Punya Modal Sejarah

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

BANDUNG,(PRLM).- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva menyatakan, Syarikat Islam merupakan ormas Islam yang sudah sangat tua dengan memiliki jasa yang luar biasa untuk kemerdekaan Indonesia. Hampir semua tokoh pergerakan Indonesia pernah masuk Syarikat Islam maupun berguru ke tokoh Syarikat Islam, HOS Tjokroaminoto.

“Syarikat Islam memiliki modal sejarah yang besar dan semangat ideologis yang sangat kuat. Modal inilah yang membuat Syarikat Islam tetap bertahan sampai sekarang,” kata Hamdan saat hadir di majelis tahkim Syarikat Islam di Hoten Grand Aquila, Rabu (25/11/2015).

BACA JUGA:   Ulama Diminta Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Menurut Hamdan, kondisi Syarikat Islam makin meredup setelah era kemerdekaan karena adanya perpecahan internal. “Sebelum merdeka sudah dikenal adanya Syarikat Islam merah yang dipengaruhi PKI dan Syarikat Islam putih. Benih perpecahan ini sehingga Partai SI juga tak berkembang malah makin ditinggalkan,” ujarnya.

Setelah merdeka, SI tak sebesar sebelum merdeka. “Setelah beralih menjadi partai dan ikut Pemilu tahun 1955, partai Syarikat Islam hanya menempati urutan kelima,” ucapnya.(Sarnapi/A-147)***

BACA JUGA:   Turut berduka cita atas wafatnya Ir. H. Adi Darma, M.Si Ketua Dewan Wilayah Syarikat Islam Kalimantan Timur

sumber: pikiran-rakyat.com

News Feed