by

Tingkatkan Nilai Keagamaan Bangsa

Print Friendly, PDF & Email

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva mengharapkan kepada semua tokoh-tokoh agama dan pemimpin-pemimpin ormas untuk meningkatkan pemahaman bangsa terhadap nilai-nilai agama. Menurut Hamdan, bila bangsa sudah menganut nilai keagamaan dengan baik, maka implementasi kebijakan teradap hukum dan perundang-undangan di Indonesia juga akan mudah dilaksanakan.

“Hal yang paling penting adalah dari sisi MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan ormas adalah tanamkan nilai-nilai dan norma agama dengan baik. Sepanjang itu berjalan, UU akan otomatis berjalan dengan baik,” kata Hamdan, Kamis (4/6).

BACA JUGA:   Ketua Umum LT/SI Dr. H. Hamdan Zoelva, S.H, M.H. mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Hamdan menyebutkan fakta di Indonesia, antara fikih konstitusi dengan perundang-undangan negara tidak bertentangan. Sepanjang ia membaca buku-buku tentang fikih konstitusi dan kitab-kitab hukum di Indonsia, Hamdan berujar bahwa semua nilai-nilai fikih sudah terakomodir di dalam hukum dan perundang-undangan di Indonesia.

Ia mencontohkan bila ada di Indonesia yang melakukan pelanggaran secara syariah, maka pelanggaran tersebut juga akan dapat dijerat dengan hukum dan perundang-undangan di Indonesia. “Apakah pelanggaran norma-norma syariah bisa terpisah dengan UU di Indonesia, tentu tidak,” ujar Hamdan.

BACA JUGA:   Tanggapi Perkara HRS, Hamdan Zoelva: Tanpa Rasa Keadilan, Hukum Jadi Kehilangan Jiwa

sumber: republika.co.id

News Feed