by

Upaya keras Reza Rahadian perankan HOS Cokroaminoto

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

KANALSATU – Aktor serba bisa tanah air yang belum lama ini berhasil memerankan tokoh Habibie, Reza Rahadian  ditantang menghidupkan tokoh bersejarah pemimpin organisasi Sarekat Islam Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto dalam film “Guru Bangsa: Tjokroaminoto”.

Lebih jauh saat mendalami karakter Bacharuddin Jusuf Habibie untuk film “Habibie & Ainun”, Reza berkesempatan mewawancarai dan mengobservasi langsung gerak gerik Presiden ke-3 itu.

Namun, dia tidak bisa menerapkan cara yang sama untuk peran Tjokroaminoto. Reza hanya bisa mengandalkan referensi sejarah yang terbatas pada data visual.

BACA JUGA:   H. Achmad Farial ditetapkan sebagai Pejabat Ketua Dewan Pusat Syarikat Islam

“Saya mempelajari bahasa tubuh Tjokroaminoto lewat foto-foto yang cukup banyak saya dapat,” ujar dia di Jakarta, Selasa (31/3/15).

Lebih jauh aktor “Pendekar Tongkat Emas” dan “Kapan Kawin” itu juga banyak berdiskusi dengan sutradara Garin Nugroho dalam menginterpretasikan karakter Tjokroaminoto yang akan ditampilkan di layar lebar.

Secara khusus Garin memberinya berbagai data dan referensi mengenai pemimpin organisasi Sarekat Islam tersebut, dia menyerahkan Reza untuk meracik interpretasi terbaik menurut versinya.

BACA JUGA:   Paska Penetapan Hendra Cipta, Syarikat Islam Sumut Gelar Konsolidasi Perdana

“Dari situ saya membebaskan diri, memiliki bahasa tubuh Tjokroaminoto yang saya ciptakan berdasar data sejarah yang ada,” papar dia.

Secara khusus memerankan tokoh sejarah yang masih hidup maupun telah tiada punya kesulitan yang berbeda. Saat berakting sebagai tokoh yang masih hidup tentu dia harus siap dibanding-bandingkan dengan versi aslinya.

“Kalau memerankan orang yang sudah tidak ada, bila misinterpretasi atau asal-asalan atau tidak well prepared, maka tokohnya juga akan menjadi tidak bermakna,” ujar dia. (ant/win7)

sumber: kanalsatu.com

News Feed