by

Reza Rahadian Ajak Mahasiswa Teladani Tjokroaminoto

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Aktor pendukung film “Guru Bangsa Tjokroaminoto”, Christine Hakim dan Reza Rahadian di depan ratusan mahasiswa dalam Kongres Pemuda 2015 di Graha Saba Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, mengajak mahasiswa di Yogyakarta meneladani semangat kebangsaan H.O.S Tjokroaminoto.

“Generasi muda sekarang harus bangkit dan memiliki semangat kebangsaan seperti yang diminiki Tjokroaminoto,” kata Reza, Rabu.

Dia menilai pemuda saat ini lebih banyak memiliki sikap apatis terhadap bangsanya sendiri. Hal itu, menurut dia, tercermin dengan tren mahasiswa yang lebih membanggakan sekolah di luar negeri, tanpa disertai rasa ingin mengabdi kepada tanah airnya.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Surabaya: Rumah Bung Karno Bisa untuk Edukasi Kebangsaan

“Banyak yang lebih bangga sekolah di luar negeri, tapi tidak peduli dengan kondisi bangsanya,” kata dia.

Menurut Reza, semangat generasi muda saat ini berbeda dengan Tjokroaminoto yang menghabiskan masa mudanya dengan semangat kebangsaan dan perjuangan demi kemerdekaan.

Sementara itu, aktris film senior Christine Hakim menyarankan kalangan pemuda lebih dalam mengenali sosok Tjokroaminoto.

BACA JUGA:   5 Rekomendasi Film tentang Pahlawan Kemerdekaan Indonesia

Menurut Christine, saat ini masih sedikit pemuda yang mengenali Tjokroaminoto secara menyeluruh, bahkan banyak yang mengenali nama tokoh bangsa itu sekadar sebagai nama jalan.

“Ironisnya masih banyak yang tahu nama Tjokroaminoto dari sekadar nama jalan kota,” kata dia.

Selain menayangkan trailer dan memperkenalkan film Tjokroaminoto, kongres itu juga sebagai forum menyampaikan gagasan perwakilan mahasiswa yang akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

sumber: senggang.republika.co.id

News Feed