by

Hamdan Zoelva: Jika Semua Pimpinan KPK Tersangka, Sangat Mengkhawatirkan

Print Friendly, PDF & Email

Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva mengaku khawatir jika semua pimpinan KPK menjadi tersangka. Dia pun berharap KPK tetap kuat.

“Sangat mengkhawatirkan, tetapi mudah-midahan KPK-nya tetap kuat,” kata Hamdan seusai mengikuti
acara seminar yang bertemakan “Desain Pemilu Serentak 2019 dan Peluncuran ERI” di Auditorium LIPI, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Senin (2/2).

Hamdan pun mendorong tindakan darurat untuk memilih pimpinan KPK yang baru dengan proses yang cepat. Pasalnya, masa jabatan pimpinan KPK akan selesai pada akhir tahun 2015 dan mulai seleksi di bulan Juni 2015.

BACA JUGA:   27 Nopember 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati Kajian Islam Dan Konstitusi bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH

“Pemilihan baru lagi. Makanya harus ada tindakan darurat, dengan tindakan darurat pemilihan pimpinan yang baru, proses cepat,” tuturnya.

Hamdan juga mendorong pembentukkan Komite Etik KPK untuk memastikan Ketua KPK Abraham Samad bertemu petinggi PDI Perjuangan.

“Begini itu harus diteliti lebih mendalam, pertama apakah kejadiannya ada, itu harus diteliti. Kedua kalau ada, apakah itu pelanggaran etik atau tidak. Dari kedua itu saya usulkan perlu dibentuk komite etik,” katanya

BACA JUGA:   Eks Ketua MK Semprot Mendagri Tak Punya Wewenang Berhentikan Kepala Daerah!

Komite etik ini, menurutnya, akan bisa memberikan kepastian informasi tentang Abraham Samad.

“Kalau itu masalah sangat krusial daripada menimbulkan kesimpangsiuran informasi dan posisi tidak pasti bagi pimpinan KPK, untuk memberikan kepastian, lebih baik bentuk komite etik,” pungkasnya.

sumber: beritasatu.com

News Feed