by

Menteri Andrinof: Perbaikan Pemilu dalam Konteks Pembangunan Nasional

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof A. Chaniago mendorong perbaikan pemilu dalam konteks pembangunan nasional.

Menurutnya, pembangunan nasional berorientasi pada pembangunan manusia dan sosial dalam kehidupan masyarakat.

“Visi pembangunan nasional kita sangat jelas, yaitu pembangunan sosial dan manusia. Dalam hal ini, berarti meningkatkan kehidupan manusia dan masyarakat. Dalam masyarakat ini, adalah proses politik. Proses politik akan menentukan kualitas kebijakan publik,” ujar Andrinof dalam closing remark acara seminar yang bertemakan “Desain Pemilu Serentak 2019 dan Peluncuran ERI” di Auditorium LIPI, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Senin(2/2).

Peluncuran ERI (Electoral Research Institute) dilakukan oleh Kepala LIPI Iskandar Zulkarnaen dan Ketua KPU Husni Kamil Malik. Setelah peluncuran, dilanjutkan dengan seminar dengan narasumber peneliti LIPI Syamsuddin Haris dan Ramlan Surbakti, mantan ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, Komisioner KPU Sigit Pamungkas.

BACA JUGA:   Rifyal Ka'bah Foundation bekerjasama dengan Salam Radio menyelenggarakan Bedah Buku “Penegakan Syari’at Islam di Indonesia

Proses pembentukan ERI mendapat dukungan pemerintah Australia, antara lain berupa pertukaran pengetahuan tentang riset kepemiluan dengan Australia Electoral Committee (AEC) dan Commisioner Advisory Board for Electoral Research (CABER).

Andrinof menjelaskan bahwa salah satu proses politik adalah pelaksanaan pemilu untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas. Pemimpin berkualitas tersebut, lanjutnya dapat menghasilkan kebijakan publik efektif dan efisien.

“Karena itu, proses politik yang terjadi dalam pemilu harus juga berkualitas. Maka, kita terus mendorong perbaikan sistem pemilu, termasuk pilkada yang lebih baik,” tandasnya.

BACA JUGA:   Syukuran peresmian kantor Badan Pengembangan Dakwah Ekonomi Syarikat Islam di Jakarta

Dalam rancangan pembangunan nasional jangka menengah, katanya, Bappenas telah mendorong program riset kepemiluan. Dalam konteks ini, dia memberikan profisiat kepada KPU dan LIPI yang telah membentuk dan melundurkan lembaga riset kepemiluan atau Electoral Research Institute (ERI).

“Selamat kepada KPU yang telah melahirkan ERI. Lembaga-lembaga ini diperlukan untuk menyelesaikan ketegangan-ketegangan terutama pemikiran. Tugas-tugas tersebut dapat diselesaikan oleh LIPI melalui riset,” katanya.

Andrinof pun berharap agar ERI ini dapat menghasilkan kajian-kajian berbasis riset dan penelitian untuk meningkatkan kualitas sistem politik kita khususnya pemilu. Hal tersebut juga termasuk UU atau peraturan kepemiluan.

“Suatu sistem atau UU dapat bertahan lama, berumur panjang, kalau dilakukan berdasarkan riset,” pungkasnya.

sumber: beritasatu.com


Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

News Feed