by

Dua Hakim MK Dilantik di Istana Negara

Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Dua hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru, I Dewa Gede Palguna dan Suhartoyo, dilantik di Israna Negara, Jakarta, Rabu (7/1/2015), dengan disaksikan Presiden Jokowi.

I Dewa Gede Palguna merupakan hakim dari unsur pemerintah yang menggantikan Ketua MK Hamdan Zoelva, sedang Suhartoyo merupakan hakim dari unsur Mahkamah Agung (MA) yang menggantikan Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi.

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK: Anies & HRS tak Bisa Dipidana Pakai UU Karantina!

Pengangkatan I Dewa Gede Palguna berdasarkan Keputusan Presiden No 1-P/2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian dari unsur pemerintah. Sedangkah Suhartoyo diangkat berdasarkan Keputusan Presiden No 141/2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian hakim konstitusi dari unsur Mahkamah Agung (MA).

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MA Hatta Ali dan Ketua DPD Irman Gusman.

Terkait pemilihan I Dewa Gede Palguna, pada Senin (5/1/2015), Panitia seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi mengajukan dua nama calon Hakim Konstitusi ke Presiden Joko Widodo, yaitu Dr. I Dewa Gede Palguna dan Prof Dr. Yuliandri.

BACA JUGA:   27 Nopember 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati Kajian Islam Dan Konstitusi bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH

Panitia seleksi tersebut beranggotakan tujuh orang yang terdiri atas Saldi Isra, Refly Harun, Satya Ariananto, Harjono, Maruarar Siahaan, Todung Mulya Lubis dan Widodo. (ant)

sumber: citraindonesia.com

News Feed