by

Reza Rahadian Jadi Tjokroaminoto

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Gara-gara film Habibie & Ainun yang menuai sukses, imej sebagai ‘si pemeran Habibie’ sangat melekat di diri Reza Rahadian. Makanya, Reza merasa perlu berperan di film biopic lain untuk melepaskan imej tersebut. Tokoh sejarah Tjokroaminoto kini siap diperankannya dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto.

Di film yang baru selesai syuting pada sekitar pertengahan Oktober 2014 ini, Reza mengaku sangat bangga bisa memerankan tokoh utama film yang merupakan sosok penting dalam sejarah Indonesia. “Tjokroaminoto ini adalah sosok yang diidolakan oleh Soekarno, guru bagi Soekarno. Penggagas Sarekat Islam. Ia juga penggagas dari ide-ide kebangsaan yang banyak diserap oleh Soekarno ketika memimpin Indonesia,” papar pelantun Cinta Stroberi, soundtrack film Strawberry Surprise (2014) yang diperankannya.

BACA JUGA:   Modernisasi Islam di Jawa, Berawal dari Para Haji yang Reformis

Untuk memerankan karakter TjokroaminotoReza bilang bahwa dirinya memerlukan waktu sekitar dua bulan untuk riset. “Film ini tidak memiliki bukti perjalanan visual yang bisa dipelajari untuk pendalaman karakter. Yang ada adalah artikel-artikel tentang perjuangan-perjuangan beliau. Sehingga, untuk sesi penokohon beliau di film itu nyaris tidak ada referensi apapun. Tapi, menurut artikel yang saya baca, Tjokroaminoto adalah salah satu inspirasi Bung Karno dalam berpidato, sehingga menurut saya pasti ada sedikit logat dan cara bicara Bung Karno di Tjokroaminoto,” cerita cowok yang nggak keberatan main film di genre apapun.

BACA JUGA:   Angkatan Laut Belanda Takut kepada Sarekat Islam dan Komunis

“Menariknya adalah dengan riset yang sudah dilakukan tersebut, saya diberi kesempatan untuk menginterpretasi sosok Tjokroaminoto versi saya sendiri, sehingga tokoh itu bisa hidup,” tuturnya.

Kata Rezafilm yang rencananya akan tayang April 2015 ini wajib tonton bagi anak muda Indonesia. “Film ini menceritakan kisah para pahlawan pada zaman itu yang sudah mulai berjuang sejak usia yang masih muda. Jadi, semangat perjuangan anak muda pada masa itu sangat inspiratif,” pungkas cowok yang juga akan merilis film Pendekar Tongkat Emas pada Desember 2014 nanti. Fransiska Soraya – Foto: Adelli Arifin

sumber: gadis.co.id

News Feed