by

Hamdan Zoelva Puji Independensi AJI

Print Friendly, PDF & Email

Mataram – Sibuk menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tak berarti Hamdan Zoelva kurang mengenal peran lembaga profesi lain, khususnya Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Dia mengaku banyak tau tentang AJI, bahkan memuji independensi organisasi bentukan sejumlah aktivis pers tahun 1994  ini.

Dalam kesempatan hadir rakor Komisi Informasi di Hotel Grand Legi di Mataram, 13 September 2014, Hamdan Zoelva memuji langkah KI menjalin kerjasama dengan AJI. “Makanya sudah tepat kalau KI buat MoU dengan AJI,” sebut Hamdan, saat diskusi tematik dengan Ketua KPK Abraham Samad di sela sela Rakor tersebut.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva: Instruksi Mendagri Mengingatkan Kepala Daerah, Bukan Berarti Bisa Berhentikan

Ia bahkan secara khusus memuji independensi AJI yang masih tetap terjaga. “Ini lembaga serem, independen betul,” tegasnya. Bahkan ketika ada lembaga atau badan publik yang tidak mau membuka akses informasi, masyarakat tidak hanya disarankan melapor ke Komisi Informasi, tapi juga ke AJI. “Lapor ke AJI, nanti mereka yang dobrak,” sarannya.

Pelibatan organisasi profesi jurnalis oleh KI ditegaskannya tepat, tidak lain dalam rangka menjamin partisipasi publik untuk mengawal pemerintahan yang bersih dan transaparan dalam mengelola anggaran serta pembangunan.

BACA JUGA:   Pesan Mantan Ketum di Milad Muhammadiyah

Menurut Ketua AJI Indonesia Eko Maryadi menyebut, ketua MK Hamdan Zoelva termasuk “sahabat” independen AJI. Sosok ketua MK kelahiran Bima – NTB ini dalam banyak kesempatan berinteraksi dengan AJI. “Ketua MK ini, bahkan paling besar mengirimi karangan bunga ucapan selamat ke HUT ke 20 AJI,” kata Eko. Tidak hanya Ketua MK, interaksi dengan Abraham Samad juga berjalan baik. “Dalam beberapa kesempatan hadir acara di Jakarta, Hamdan Zoelva dan Abraham tidak segan segan memuji independensi AJI,” ungkap Eko. (aji mataram)

foto : nasional.rimanews.com

sumber: voaindonesia.com

News Feed