by

Mengenal Sosok Hamdan Zoelva di Luar Meja Hijau

Print Friendly, PDF & Email

Ada cerita menarik di balik pengumuman keputusan sengketa Pilpres 2014  beberapa pekan lalu. Sebagian orang, terutama kaum hawa ternyata justru menanggapi lain proses keputusan yang ditayangkan langsung di televisi ini. Sebagian — mungkin termasuk kamu– merasa lebih peduli dengan wajah ganteng Sang Ketua MK ketimbang apa yang dibicarakannya. Secara mendadak, Hamdan Zoelva menjadi idola baru bagi para perempuan, terutama ibu-ibu.

Beruntung, FIMELA.com dapat kesempatan berbincang banyak hal dengan lelaki beralis tebal ini, termasuk soal kesibukannya di luar pekerjaan hingga tanggapan para penggemarnya di sosial media.

Sore itu kami disambut hangat olehnya di Kantor Mahkamah Konstitusi Indonesia di Medan Merdeka. Hamdan yang memiliki segudang kesibukan, sengaja menyediakan waktu seminggu khusus untuk media. Hanya seminggu! Selebihnya ia mengaku sudah akan kembali larut sibuk dalam pekerjaan.

Menyinggung soal menjadi idola baru bagi kaum hawa, Hamdan tertawa kecil menanggapinya. “Saya memang membaca komentar di sosial media dan cukup merasa terhibur. Bagi saya, itu bentuk dorongan dari rakyat yang sangat luar biasa untuk membuat saya bekerja lebih baik lagi tanpa terpengaruh dari pihak mana pun,” tuturnya tak melepas senyum.

BACA JUGA:   DKI Ngarep Tetap Kuasai Aset Negara Di Pelabuhan Marunda

Mengejutkannya, lelaki asal Sumbawa ini mengetahui kasak-kusuk pengguna jejaring sosial yang memuji dirinya dari Sang Istri, Nina Damayanti. “Istri yang menunjukkan pertama kali ke saya. Teman-teman lain langsung mengingatkan ke istri agar menjaga saya 24 jam,” ungkapnya tertawa kecil.

Hamdan sendiri memiliki akun twitter atas nama @hamdanzoelva yang langsung dikelolanya. Sesekali, ia posting hal yang ingin disampaikan. Lelaki berumur 51 tahun ini ternyata sangat peduli akan perkembangan sosial media. “Sebelum menjadi hakim, saya punya sebuah blog akademik yang lumayan banyak pengunjungnya. Tapi, karena kesibukan dan tak ingin menyerahkan pada orang lain, blog itu sudah jarang ter-update. Facebook dan Twitter pun saya punya. Penting bagi saya buat mengetahui perkembangan yang terjadi di masyarakat. Saya sangat menikmati emosi yang dikeluarkan para penduduk maya yang secara gamblang menuturkan pendapat mereka. Saya menikmatinya seperti sedang mengobrol di warung kopi,” tutur lelaki yang gemar menulis puisi ini.

Selain peduli akan perkembangan sosial media, Hamdan juga sangat memperhatikan gaya hidup sehat. “Saya berusaha olahraga setiap pagi, treadmill minimal setengah jam dan menjaga pola makan sehat,” ceritanya.. “Bila ada waktu luang di akhir pekan, saya waktu untuk main golf, itu memang sudah jadi hobi saya dari dulu. Sekarang memang jarang main golf untuk menghindari ‘lobi’ dari orang lain,” tambah lelaki yang menolak keras suap dalam bentuk apapun ini.

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK: Anies & HRS tak Bisa Dipidana Pakai UU Karantina!

Melakoni kesibukan sebagai Ketua MK –menggantikan rekannya Akil Mocthar yang sedang menjalani proses peradilan, Hamdan mengaku tetap meluangkan waktu untuk istri dan anak-anak. “Sekali-kali saya mengajak keluarga untuk makan malam bersama di luar atau bila anggota keluarga lengkap saya mengajak untuk salat berjamaah dan berceramah selama satu jam, itu saja,” tutur lelaki yang pernah mengecap pendidikan pesantren ini.

Bagi Hamdan, keluarga dan pekerjaan adalah dua hal yang berbeda. Itulah mengapa ia mengaku tak pernah membawa masalah pekerjaan ke rumah. “Meski tinggal bersama, saya tak pernah membicarakan soal keputusan atau permasalahan kantor ke istri dan anak-anak. Itu rahasia jabatan. Saya bedakan antara pekerjaan dan negara,” tutupnya tegas saat berbincang dengan FIMELA.com.

sumber: fimela.com

News Feed